Info Terbaru
Loading...
11 Juli 2013

5 Penyakit Akibat Sering Begadang

Kamis, Juli 11, 2013
5 Penyakit Akibat Sering Begadang
5 Penyakit Akibat Sering Begadang – Tidur itu sifatnya restoratif (memulihkan kondisi tubuh). Jika tidak terpenuhi, kesehatan Anda akan menderita. Begadang memang tidak baik untuk kesehatan, kurang tidur juga merupakan salah satu kebiasaan penyebab penuaan dini Dalam jangka pendek, kurang tidur mungkin hanya memicu rasa kantuk dan susah konsentrasi. Jangan dianggap sepele, begadang menyebabkan kegemukan dan jika dibiarkan maka dalam jangka panjang akan berkembang menjadi penyakit mematikan seperti kanker dan stroke.

Beberapa jenis penyakit serius yang bermula dari kurang tidur adalah sebagai berikut:


1. Depresi dan kegelisahan
Tak diragukan, kurang tidur bikin seseorang gusar keesokan harinya. Dalam jangka panjang, terus-terusan kurang tidur bisa memicu depresi dan kegelisahan yang merupakan salah satu bentuk gangguan kejiwaan.

2. Obesitas dan diabetes
Tidur yang tidak teratur bisa meningkatkan kadar gula darah dalam dan memperlambat laju metabolisme. Studi di Science Translational Medicine menunjukkan risiko kegemukan dan juga diabetes meningkat pada kondisi seperti ini.
Studi lainnya menunjukkan bahwa pola tidur juga bisa mempengaruhi pilihan menu makan. Seseorang yang kurang tidur cenderung memilih menu makan yang tidak sehat seperti junk food. Tentunya ada banyak bahaya Junk Food bagi kesehatan

3. Stroke
Studi pada 5.600 orang dewasa menunjukkan bahwa tidur kurang dari 6 jam sehari lebih rentan mengalami serangan stroke. Risikonya semakin tinggi jika dibarengi juga dengan obesitas, diabetes dan hipertensi.

4. Sakit jantung
Penelitian di European Journal of Preventive Cardiology menunjukkan, tidur 7 jam sehari bisa mengurangi risiko sakit jantung hingga 65 persen. Tentunya juga harus didukung dengan diet yang sehat dan olahraga teratur.

5. Kanker

Studi tahun 2008 menunjukkan orang yang tidur kurang dari 6 jam dalam sehari lebih rentan mengalami kanker payudara. Oleh karenanya, para perempuan yang bekerja di shift malam dan mengalami gangguan pola tidur sebaiknya lebih waspada. Kurang tidur juga dikaitkan dengan kanker usus besar.
loading...
Judul: 5 Penyakit Akibat Sering Begadang; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

 
Toggle Footer