Info Terbaru
Loading...
18 Mei 2014

Manfaat Sarapan untuk Kesehatan

Minggu, Mei 18, 2014
Manfaat Sarapan untuk Kesehatan
Manfaat Sarapan untuk Kesehatan - Sebagian orang pada umumnya sering tidak menyadari bahwa sarapan mempunyai peranan penting menjaga kesehatan fisik tubuh.

Sesibuk apapun Anda harus dapat menyempatkan waktu untuk sarapan karena sarapan merupakan bahan bakar bagi tubuh sehingga energi tubuh Anda akan terpenuhi sepanjang hari.

Selain menambah energi, berikut beberapa alasan alasan mengapa aktivitas sarapan itu penting dilakukan.



Bisa turunkan berat badan
Ketika Anda beraktivitas dengan perut kosong, tubuh akan membakar kalori secara lambat.
Sarapan pagi setelah perut kosong semalaman dapat meningkatkan metabolisme, yang artinya pembakaran kalori sepanjang hari menjadi lebih efisien.

Kunci dari semuanya adalah jenis makanan yang Anda konsumsi. Makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana seperti donat akan membuat glukosa melonjak, kemudian turun drastis. Ini juga menyebabkan Anda merasa lapar pada jam 11-an.

Menjaga kesehatan jantung
Banyak penelitian yang menyebutkan sarapan penting bagi kesehatan jantung. Sebab orang-orang yang terbiasa sarapan punya kadar kolesterol rendah, ukuran yang lebih kecil, dan kadar insulin stabil dalam darahnya.

Menghindari makanan tak terkontrol
Sarapan dengan baik akan menjaga Anda dari rasa lapar berlebih, dimana ini dapat mencegah Anda makan berlebihan di siang harinya. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan mampu menahan lemak dan kalori tinggi dari makanan sepanjang hari.

Saat Anda meninggalkan sarapan, Anda akan cenderung mengalihkan rasa lapar dengan ngemil sepajang pagi hingga menjelang makan siang. Dan hal ini akan mendorong Anda mencari pelarian lain pada kopi, atau minuman yang mampu meningkatkan energi.

Tingkatkan kemampuan otak
Ketika Anda bangun pagi, sebagian besar energi dalam bentuk glukosa dan glikogen telah habis terkuras oleh aktivitas sehari sebelumnya.

Menurut para ahli, glukosa adalah satu-satunya bahan bakar yang dibutuhkan otak. Tanpa glukosa yang cukup, Anda merasa lelah dan berkunang-kunang.

Menambah nutrisi tubuh
Sarapan memiliki porsi energi yang dibutuhkan tubuh selama beberapa jam ke depan. Anda yang terbiasa sarapan, akan sedikit lebih kenyang hingga makan siang tiba. Zat besi, vitamin dan mineral yang terkandung di dalam sarapan Anda lah yang bekerja untuk memasok tenaga ke dalam tubuh.

Sebagai nutrisi untuk otak

Sarapan bisa meningkatkan kemampuan otak dalam mengerjakan sesuatu, berpikir dan meningkatkan konsentrasi bekerja. Melalui makanan yang dimakan saat sarapan, bahan bakar untuk otak tersalurkan. Untuk itu, sarapan sangat dianjurkan untuk pelajar, mahasiswa dan pekerja yang membutuhkan konsentrasi tinggi.
loading...
Judul: Manfaat Sarapan untuk Kesehatan; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

 
Toggle Footer