Info Terbaru
Loading...
15 September 2013

Cara Menyimpan Obat yang Benar

Minggu, September 15, 2013
Cara Menyimpan Obat yang Benar
Cara Menyimpan Obat yang Benar - Obat merupakan barang yang tak bisa disimpan dengan sembarang, sama dengan makanan. Obat adalah benda yang harus tetap terjamin keutuhannya supaya zat-zat yang terdapat pada obat tersebut tidak mengalami kerusakan atau berubah. Pada umumnya obat disimpan dalam jangka waktu yang lama untuk mengantsisipasi apabila terjadi sakit. Sebelumnya kami telah memberi tips membeli obat di internet. Kali ini kami akan membagikan tips dari BPOM RI tentang bagaimana cara menyimpan obat-obatan yang baik dan benar:


1. Perhatikan masa kadaluarsa
EXP merupakan singkatan dari expiration date yaitu  batas waktu untuk menggunakan obat atau tanggal kedaluwarsa. Setelah melebihi batas waktu yang terdapat di kemasan obat, kualitas obat telah berkurang dan berisiko menghasilkan dampak negatif untuk konsumen. Jadi apabila terdapat obat yang telah kadaluarsa, maka segera dibuang walaupun kemasan dan wujud obat tersebut masih bagus.

2. Ikuti petunjuk penyimpanan
Menyimpan obat yang benar akan menjaga kualitas obat. Petunjuk penyimpanan meliputi paparan cahaya matahari serta suhu penyimpanan. Selebihnya perlu digarisbawahi bahwa tak semua obat dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama.

3. Jangan lebih dari seminggu
Aturan tersebut merupakan aturan untuk tipe obat-obatan resep yang didapat dari pemeriksaan dokter. Jika lebih dari seminggu sebaiknya cepat dibuang apabila sudah tidak dikonsumsi. Sebab penyimpanan obat di dokter serta rumah sakit berbeda.

Ada perbedaan perlakukan pada obat-obatan yang disimpan di rumah serta rumah sakit, seperti suhu penyimpanan. Dicemaskan apabila penyimpanan di rumah dapat membuat kualitas obat turun serta membuat organisme lain berkembang dengan mudah. Disarankan untuk tidak menggunakan lagi apabila telah lewat dari satu minggu.
loading...
Judul: Cara Menyimpan Obat yang Benar; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

loading...
 
Toggle Footer