Info Terbaru
Loading...
02 Agustus 2013

Manfaat Telur bagi Ibu Hamil

Jumat, Agustus 02, 2013
Manfaat Telur bagi Ibu Hamil
Manfaat Telur bagi Ibu Hamil - Walaupun harganya relatif murah, telur sebetulnya memiliki kandungan dan khasiat yang besar untuk kesehatan. Terlebih bagian kuning telur, sangat banyak manfaat kuning telur bagi kesehatan Tidak terkecuali ibu hamil. Kandungan kolin pada telur ternyata dapat mengurangi risiko bayi menderita gangguan penyakit dan mengurangi stres ibu sebelum saat melahirkan. Perlu diketahui bahwa stress berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil dan janin baca Bahaya stres bagi ibu hamil.


Hasil penelitian beberapa peneliti dari Cornell University membuktikan bahwa kolin bisa membuat perlindungan bagi ibu hamil dari pengaruh stres selama kehamilan. Penelitian sebelumnya sudah mengisyaratkan bahwa paparan hormon kortisol yang tinggi (hormon stres) ketika kehamilan bisa membuat anak rentan terhadap stres yang disebabkab penyakit dan keadaan kronis. Penelitian ini semakin membuktikan perihal pentingnya kolin bagi perkembangan janin.

Dalam penelitiannya, peneliti mengikutsertakan 24 wanita pada trisemester ketiga kehamilan yang  dengan acak diminta untuk mengonsumsi baik 480 mgkolin per hari atau 930 mg kolin / hari untuk 12 minggu.

Setelah itu, peneliti menghimpun contoh darah ibu serta plasenta dan sampel jaringan plasenta. Mereka lantas membandingkan tingkat kortisol serta perbedaan genetik pada seluruh sampel. Beberapa peneliti mengamati tingkat yang lebih rendah kortisol di dalam tali plasenta dan perubahan kortisol yang mengatur gen pada kedua jaringan plasenta serta janin pada wanita yang memperoleh asupan kolin tinggi

"Penelitian memperlihatkan bahwa asupan tinggi kolin ketika hamil bisa melawan sebagian dampak merugikan akibat stres sebelum melahirkan. Seperti perilaku, neuroendokrin, serta masalah metabolik," ujar pemimpin riset, Marie Caudill, PhD, dari Cornell University.
Caudill mengungkap bahwa kolin mempunyai manfaat luar biasa untuk wanita hamil karena sudah dapat dibuktikan berperan penting dalam mengembangkan otak janin serta bayi, mempengaruhi bagian otak yang bertanggung jawab untuk memori serta kemampuan belajar.

Disamping itu, penelitian sudah membuktikan wanita dengan diet rendah kolin berisiko empat kali lebih besar melahirkan bayi dengan cacat tabung saraf, seperti spina bifida. Apalagi penelitian lain juga sudah memperlihatkan manfaat tambahan dari kolin termasuk untukmencegah kanker payudara, anti-inflamasi, serta kinerja otak.


Menurut Caudill, telur merupakan sumber sangat kaya akan kolin, dikarenakan memiliki kandungan 125 mg  dalam sebiji telur. Hal ini didapatkan secara eksklusif pada kuning telur dan bukan putih telur.
loading...
Judul: Manfaat Telur bagi Ibu Hamil; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

 
Toggle Footer