Info Terbaru
Loading...
25 Juli 2013

Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan

Kamis, Juli 25, 2013
Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan
Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan - Telur adalah bahan makanan yang mengandung nilai gizi yang tinggi. Walaupun demikian, telur juga kerap dihubungkan  dengan bermacam-macam masalah kesehatan. Hal ini dikarenakan telur mempunyai kandungan kolesterol, terlebih di bagian kuning telurnya. Tapi, nyatanya banyak khasiat lainnya yang terdapat dari kuning telur.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat kuning telur yang tak  ada di putih telur


- Lebih banyak mengandung vitamin.
Kuning telur memiliki kandungan vitamin yang lebih banyak baik dari segi jenis atau jumlahnya dibanding dengan putih telur. Satu kuning telur mengandung 7 vitamin, di antaranya: vitamin B-12, B6, A, D, E, K, serta folat. Vitamin A, D, E dan K cuma didapat di kuning telur saja, tidak di putih telur.

- Lebih banyak mengandung mineral.
Layaknya vitamin, mineral adalah zat gizi mikro yang penting dan  diperlukan tubuh. Mineral adalah zat gizi essensial yang dipakai untuk mengatur fungsi tubuh seperti menyeimbangkan elektrolit. Kuning telur dan putih telur mempunyai 13 macam mineral, beberapa diantaranya dari kalsium, besi, magnesium, sodium, potasium serta selenium. walaupun kedua sisi telur mengandung mineral, tetapi kuning telur mempunyai kandungan yang lebih banyak untuk tiap-tiap mineral. Misalnya, 90 % dari kalsium yang ada pada telur berada pada kuning telur; 93 % kandungan besi pada telur ada di bagian kuningnya, dan cuma 7 % yang ada di bagian putihnya.

- Kesehatan mata
Karotenoid yang terdapat pada kuning telur, terutama karotenoid lutein serta zeaxanthin, sangat berguna untuk kesehatan mata. Menurut beberapa peneliti, karotenoid ini merupakan pigmen berwarna yang memberikan warna kuning pada kuning telur, bisa menurunkan dampak penyakit age-related degeneration serta katarak. Zat ini bertindak sebagai antioksidan untuk mata, melawan radikal bebas yang bisa mengakibatkan kerusakan di beberapa bagian pada retina hingga bisa meningkatkan kemampuan mata untuk fokus.

- Manfaat kolin
Kuning telur yang mengandung vitamin, mineral, serta nutrien lain di dalamnya, juga membantu untuk memelihara kesehatan jantung dan kardiovaskuler. Tak  hanya mengonsumsi telur dalam jumlah moderat yang bermanfaat bagi jantung, tetapi juga nutrien pada kuning telur, yakni kolin, membantu Anda untuk meregulasi kinerja kardiovaskuler.


Disamping itu, studi di University of North Carolina di Chapel Hill menyatakan bahwa wanita yang memakan makanan dengan kadar kolin yang tinggi mempunyai kemungkinan 24 % lebih kecil untuk alami penyakit kanker payudara dibanding dengan mereka yang  tidak.
loading...
Judul: Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

loading...
 
Toggle Footer