Info Terbaru
Loading...
09 Agustus 2013

Manfaat Menyayi Untuk Kesehatan

Jumat, Agustus 09, 2013
Manfaat Menyayi Untuk Kesehatan
Manfaat Menyayi Untuk Kesehatan – Ketika Anda bernyanyi, ternyata tidak hanya sekedar bisa menikmati alunan lagu dan nada yang berirama, tetapi lebih dari itu, bernyanyi faktanya juga bermanfaat dalam kesehetan.

Beberapa ahli menyatakan, menyanyi merupakan 'obat' antidepresan seperti saat seseorang tengah berlatih yoga, terlebihn seperti dalam sesi psikoterapi. Dalam tahun-tahun terakhir, diketahui cukup banyak orang dewasa yang serius untuk mendalami seni olah vokal.

Tujuannya tidak untuk berpartisipasi dalam kontes menyanyi atau mempercantik suara. Tetapi untuk memperoleh manfaat kesehatan yang bisa didapat dengan mudah dan sederhana. Untuk itu, ketahui beberapa manfaat bernyanyi berikut ini:


Secara Fisik
1. Menyanyi bisa menambah jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh, apalagi saat Anda mengambil napas dalam. Sehingga, banyak oksigen yang dapat mencapai otak.

2. Tidak cuma itu, bermanfaat juga untuk sistem jantung. Pelajaran olah vokal bisa meringankan batuk sederhana, asma dan bronkitis kronis.

3. Ritme saat bernyanyi sangat berguna terutama untuk mereka yang memiliki masalah saat berkomunikasi, ataupun gagap. Bisa dikatakan ini merupakan satu dari beberapa terapi wicara yang bisa mengatasi bermacam keluhan seperti kekakuan leher, meningkatkan kerja aktif bibir serta lidah, serta mengendalikan aliran udara.

4. Menyanyi juga bisa memperbaiki postur tubuh. Bernyanyi menambah tonus otot dari tulang rusuk serta punggung dan perut bagian bawah. Ini dikarenakan beberapa otot di daerah perut bawah berperan untuk mengontrol aliran udara serta membuat stabil laring ketika bernyanyi.
5. Beberapa otot di wajah pun tertarik. Ini disebabkan saat bernyanyi, ekspresi wajah dapat terlihat, otot di area wajah, seperti di bagian tenggorokan, leher, serta rahang akan menjadikan penampilan lebih muda.

Secara Mental
1. Belajar menyanyikan beberapa lagu dari awal hingga akhir bisa meningkatkan keterampilan membaca serta keterampilan motorik Anda. Maka bisa mengembangkan koordinasi antara otak serta tubuh.

2. Bernyanyi tidak cuma dikerjakan solo maupun sendiri tapi juga berkelompok. Mereka yang menyanyi dengan kelompok atau grup bisa memberi motivasi antara satu dengan lainyya. Terlebih saat Anda tengah berada dalam masalah.

3. Proses bernyanyi bisa membantu seseorang untuk disiplin. Terlebih saat Anda termasuk dalam sebuah kelompok paduan suara.

4. Bernyanyi membantu Anda untuk lebih fokus.

5. Menyanyi juga mendorong Anda untuk mengembangkan imajinasi, melihat pengalaman hidup yang bisa dijadikan proses belajar. Ini dikarenakan saat bernyanyi Anda dapat fokus pada lirik yang dilantunkan.

Secara Emosional
1. Bernyanyi bisa membuka hati untuk membebaskan perasaan yang telah 'terkunci'. Dengan demikian, bernyanyi merupakan usaha untuk meluapkan emosi dan perasaan.

2. Bernyanyi biasanya memicu emosi, seperti menangis. Tapi tidak sampai menjadikan seseorang depresi. tetapi bisa memacu gairah hidup serta bisa membuat seseorang bahagia.  Ini dikarenakan ketika bernyanyi, ada hormon yang akan dibebaskan, seperti endorfin yang bisa buat Anda merasa lebih baik, secara spiritual.

3. Bernyanyi merupakan wujud meditasi atau satu dari kegiatan spiritual. Dampak bernyanyi bisa merangsang naluri untuk menghubungkan satu orang dengan orang yang lain yang menjadi satu dalam satu lantunan lirik lagu.
loading...
Judul: Manfaat Menyayi Untuk Kesehatan; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

 
Toggle Footer