Info Terbaru
Loading...
08 Agustus 2013

Inilah Ciri Nyeri Dada Penyakit Jantung

Kamis, Agustus 08, 2013
loading...
Inilah Ciri Nyeri Dada Penyakit Jantung
Inilah Ciri Nyeri Dada Penyakit Jantung - Semua orang pasti pernah mengalami nyeri dada sepanjang hidupnya. Bahkan dalam satu tahun paling tidak Anda pernah satu kali merasa nyeri dada. Biasanya, akan langsung mengaitkann nyeri dada dengan sakit jantung, terlebih jika nyeri dadanya terasa di dada sebelah kiri.

Faktanya, nyeri dada karena penyakit jantung lebih sedikit frekuensinya daripada nyeri dada bukan karena penyakit jantung. Penyebab terbanyak adalah gangguan otot dan tegang otot, psikis seperti rasa cemas, serta masalah saluran cerna.

Tetapi bukan berarti kita tak boleh menganggap enteng nyeri dada. Nyeri dada yang nyatanya diakibatkan jantung bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, mengetahui ciri-ciri nyeri dada yang diakibatkan jantung sangat penting.


Ciri nyeri dada yang disebabkan jantung
Nyeri diartikan sebagai sensasi tidak nyaman karena kerusakan jaringan. Nyeri sebetulnya bersifat subyektif. Jantung dapat memberikan sensasi nyeri jika terjadi ancaman kerusakan jaringan jantung. Penyebab yang paling sering adalah kekurangan oksigen dan darah yang bisa muncul pada kondisi sumbatan atau penyempitan pembuluh darah jantung.

Tiak semua nyeri dada harus dikhawatirkan berasal dari jantung. Ciri ciri nyeri dada berikut inilah yang harus diwaspadai berasal dari jantung.

Perhatikan Letak Nyeri
Jantung berada di tengah-tengah dada agak sedikit ke kiri. Oleh sebab itu, tidak semua nyeri dada akibat jantung terasa di sebelah kiri. Jika yang mengalami kerusakan jantung sebelah kanan, maka nyeri yang dirasakan dapat berupa nyeri dada kanan. Jika yang rusak jaringan jantung belakang, maka bisa muncul gejala rasa tidak nyaman di punggung. Begitu juga jika bagian bawah jantung yang rusak, nyeri dapat terasa di ulu hati yang meirip gejala sakit maag.

Jantung merupakan organ dalam hingga sifat nyerinya yaitu nyeri yang tak terlokalisasi. Artinya, Anda tidak bisa menunjuk letak nyeri cuma dengan satu jari. Umumnya, pasien jantung akan menunjukkan letak nyerinya dengan seluruh telapak tangannya saat ditanya letak nyeri.

Sifat Nyeri
Sensasi nyeri dada karenat jantung umumnya bersifat tumpul. Nyeri dada seperti rasa tertindih benda berat, tertekan, sesak berat, serta rasa terbakar. Tetapi, sebagian dari mereka juga bisa alami rasa nyeri seperti ditusuk-tusuk.

Terjadi Penjalaran
Ciri khas yang lain adalah terjadi penjalaran. Nyeri yang disebabkan oleh jantung bisa menjalar melalui saraf hingga ke bahu, lengan kiri, tembus ke punggung, dan leher. Beberapa tempat tersebut khas untuk penjalaran nyeri dari jantung.
Durasi Nyeri
Mengenai lama, nyeri dada bisa beragam tergantung parah-tidaknya penyakit jantung yang diderita. Nyeri dada karena penyempitan derajat ringan umumnya berjalan kurang dari 20 menit. Selain itu, nyeri karena sumbatan total atau pada serangan jantung akut berlangsung lebih dari 20 menit.

Nyeri dada karena jantung terjadi ketika kerja jantung kita meningkat, contohnya saat beraktivitas, sesaat setelah beraktivitas, sedang marah, stress, atau emosi. Nyeri dapat berkurang dengan istirahat dan menenangkan diri.

Tidak Dipengaruhi Posisi Tubuh
Ciri khas yang lain adalah nyeri tak dipengaruhi oleh posisi tubuh. Posisi berdiri, duduk, berbaring miring ke kiri, kanan dan lainnya tidak dapat memengaruhi rasa nyeri. Begitu juga dengan pernapasan. Nyeri karena jantung tidak semakin sakit saat menarik atau mengembuskan napas. Bila nyeri bertambah dengan menarik napas, maka penyebab nyeri dada lebih mungkin disebabkan oleh paru-paru atau otot dinding dada.

Diiringi Gejala Simpatis
Nyeri dada akibat jantung bisanya diikuti oleh gejala saraf simpatis yang lain, seperti gejala seperti ketika seseorang cemas. Gejala simpatis tersebut diantaranya denyut jantung cepat, berkeringat dingin, mual, lemas dan muntah.


Anda merasa nyeri dada? atau orang terdekat Anda ada yang nyeri di dada? Cobalah sesuaikan dengan karakteristik nyeri di atas. Jangan terlalu cepat takut bahwa nyeri dada yang dirasakan akibat jantung. Tetapi, jika nampaknya ciri mengarah ke jantung, cepatlah ke rumah sakit terdekat.
loading...
Judul: Inilah Ciri Nyeri Dada Penyakit Jantung; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

 
Toggle Footer