Info Terbaru
Loading...
01 Juni 2013

Cara Gampang Mencegah Stroke dan Diabetes

Sabtu, Juni 01, 2013

Cara Gampang Mencegah Stroke dan DiabetesCara Gampang Mencegah Stroke dan Diabetes - Mengkonsumsi makanan manis sering kali menjadi keharusan. Rasa manis dari gula ini dapat membangkitkan energi tubuh dengan singkat. Namun asupan gula berlebih juga menghambat kesehatan tubuh. Terlalu banyak mengkonsumsi gula, dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan stroke.
Gula juga mempengaruhi obesitas, karena kandungan kalorinya yang tinggi. Lebih buruk lagi, beberapa studi telah menemukan bahwa gula juga bersifat adiktif; sama halnya dengan alkohol atau rokok. Bagi Anda yang keranjingan mengkonsumsi makanan manis, mulailah untuk mengendalikan nafsu makan Anda. Tinggalkan kebiasaan buruk tersebut dengan melakukan beberapa langkah berikut ini.


Cek takaran gula
Meneguk minuman kaleng terutama soda yang mengandung gula tinggi, sama sekali tidak menawarkan manfaat gizi bagi tubuh. Terdapat 39 gram gula dalam sebuah kaleng Coke. Hindari minuman jenis ini untuk mengurangi konsumsi gula.
Saat menikmati kopi, perhatikan campuran gula, krim dan susu. Lebih baik Anda menggantinya dengan jus buah atau secangkir teh.

Memasak sendiri
Ketika Anda lebih sering makan di luar rumah, sulit untuk mengetahui dengan persis berapa banyak gula yang Anda konsumsi per hari. Restoran pun jarang memberikan informasi mengenai gizi yang terkandung di dalam makanan yang mereka sediakan. Oleh karena itu, memasak di rumah adalah cara terbaik untuk mengontrol apa saja zat yang masuk ke dalam tubuh Anda.
Jika Anda memang menginginkan mengkonsumsi makanan penutup, buatlah makanan pengganti yang lebih sehat. Kurma kering dengan selai kacang dapat menjadi pilihan.

Hindari makanan penutup
Jika Anda ingin menghentikan kebiasaan mengkonsumsi gula, mulailah dengan melatih selera. Konsumsi makanan sehat secara lengkap dalam satu piring. Seperti daging tanpa lemak, biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan, yang membuat perut terasa kenyang. Cara ini akan memangkas hidangan penutup yang biasanya memiliki rasa manis. 

Jurnal makan
Sebuah studi dari Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, yang melakukan survei terhadap 123 perempuan menemukan bahwa mereka yang paling sukses menurunkan berat badan, adalah mereka yang rutin memantau asupan makanan dengan menulis jurnal.
Ketika Anda cermat menulis segala sesuatu yang Anda konsumsi, secara tidak langsung hal tersebut memaksa Anda untuk melihat kebiasaan makan. Pastikan untuk menuliskan emosi yang Anda rasakan ketika Anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis.
loading...
Judul: Cara Gampang Mencegah Stroke dan Diabetes; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

1 komentar:

  1. Terima kasih atas tutorial ini, pada usia berapakah seseorang potensial terserang stroke dan atau diabetes ini ?


    http://caragampang21.blogspot.com

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

 
Toggle Footer