Info Terbaru
Loading...
29 Juli 2014

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Menstruasi

Selasa, Juli 29, 2014
6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Menstruasi
Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Menstruasi - Pada kebanyakan wanita, saat menstruasi adalah periode yang bisa merubah mood dan emosional mereka. Menjadi mudah emosional seperti menjadi mudah sedih, sensitif atau gampang marah dan tersinggung.

Namun tingkat stres selama siklus menstruasi dapat dikurangi jika Anda merawat dan mengkonsumsi jenis makanan yang tepat. Kebanyakan wanita mengalami gejala-gejala melelahkan dan menguras fisik selama menstruasi karena kurangnya nutrisi yang tepat.

Sementara makan makanan yang tetap bergizi, sebaiknya hindari makanan seperti di bawah ini:


Kafein
Zat ini harus dihindari karena bisa menyempitkan pembuluh darah. Tubuh juga akan mudah menjadi dehidrasi yang akhirnya menyebabkan menstruasi Anda tidak nyaman.

Sementara saat pembuluh darah menyempit, tentu ini mengakibatkan sakit kepala dan perasaan gugup. Jadi sebaiknya hindari dulu minum kopi atau makanan dan minuman lainnya yang memiliki kandungan kafein.

Kadar gula tinggi
Perhatikan label kalori dalam kemasan makanan, sebaiknya hindari makanan mangandung kadar gulang tinggi. Ini seperti permen, minuman bersoda atau safron selama sedang menstruasi.

Mengapa? Karena makanan ini akan meningkatkan kadar gula dalam darah melonjak drastis. Nah, ketika ini juga cepat menurun, di sini bahayanya. Anda akan merasa kesal, rewel, dan lesu.

Makanan yang dipanggang
Makanan panggangan yang dijual bebas biasanya menggunakan lemak trans dalam jumlah besar.

Lemak inilah yang akan mendorong naik tingkat estrogen yang menyebabkan sakit dramatis pada perut bagian dalam, khusunya rahim yang bisa menyababkan peningkatan kram menstruasi.

Makanan olahan
Jenis makanan kaleng atau olahan sebaiknya dihindari untuk dinikmati. Mengapa? Karena jenis makanan itu sudah pasti mengandung sodium. Ini bisa menyebabkan retensi air dan membuat tubuh membengkak.

Jadi sebiknya hindari makan daging olahan atau mengandung sodium seperti daging olahan dengan keju, MSG dan makanan kaleng yang mengandung 200mg sodium perporsi atau bahkan lebih.

Biji olahan
Ketika biji-bijian asli diolah, tentu mereka akan kehilangan sebagian besar nutrisi. Saat inilah mereka bisa mempengaruhi kadar gula darah. Makanan berdasar biji olahan juga dapat mempengarhi nafsu makan. Ini yang kemudian berdampak negatif sehingga membuat suasana hati tidak baik hingga kram pada tubuh.

Hindari pasta, nasi putih dan roti.

Gorengan
Makanan jenis ini mengandung lemak tingkat tinggi sehingga meningkatkan kadar estrogen

Makanan seperti kentang goreng, ayam goren, tahu dan tempe yang digoreng sebaiknya dihindari untuk menjaga tingkat estrogen yang stabil.


Ini harus dihindari karena bisa menimbulkan gangguang pada rahim dan mengakibatkan kram atau nyeri.
loading...
Judul: 6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Menstruasi ; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

loading...
 
Toggle Footer