Info Terbaru
Loading...
08 Juni 2014

Sejuta Manfaat Ikan Tuna bagi Kesehatan

Minggu, Juni 08, 2014
loading...
Sejuta Manfaat Ikan Tuna bagi Kesehatan
Manfaat Ikan Tuna untuk Kesehatan - Ikan tuna merupakan salah satu makanan sehat yang perlu ditambahkan dalam menu makanan sehari-hari Anda. Sebab ikan tuna merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang rendah lemak. Nah, apa saja manfaat mengonsumsi ikan tuna?

Ikan tuna padat akan nutrisi. Ikan ini mengandung berbagai jenis mineral seperti kalium, selenium, dan magnesium. Ikan tuna juga kaya akan vitamin B kompleks dan asam lemak omega-3 yang penting untuk diet sehat.


Selain itu, kandungan mineral di dalam ikan ini dapat mengurangi gejala depresi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi jantung, meningkatkan kesehatan otak, dan mengurangi nyeri sendi. Seafood, terutama tuna, adalah satu-satunya sumber alami DHA dan EPA, jenis asam lemak omega-3 khusus yang menjaga kesehatan jantung dan otak.

Ikan ini bermanfaat bagi kesehatan kita dalam berbagai cara. Berikut 5 manfaat mengonsumsi ikan tuna bagi kesehatan:
1. Menjaga kesehatan mata
Sebuah kondisi degenerasi makula, yaitu penglihatan memburuk yang mengakibatkan hilangnya penglihatan sentral, merupakan penyebab utama kebutaan pada orang di atas usia 50 tahun. Asam lemak omega-3 yang dikandung ikan tuna dapat mencegah terjadinya kondisi ini.

Ikan tuna juga melindungi individu dari sindrom mata kering. Sindrom ini merupakan keluhan okular yang signifikan.

2. Mencegah kanker
Vitamin E dan selenium yang ada di dalam ikan tuna membantu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker di pankreas, dan di organ saluran pencernaan seperti mulut, lambung, kerongkongan, laring dan usus besar. Asam lemak omega-3 yang dikandung dalam ikan tuna juga dapat mencegah kanker payudara dan menurunkan risiko leukemia.

3. Detoksifikasi
Selenium di dalam ikan tuna merupakan unsur penting dalam produksi glutathione peroxidase. Zat ini merupakan antioksidan penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan hati.

Hati merupakan organ yang berfungsi dalam proses detoksifikasi dan membersihkan tubuh dari senyawa berbahaya seperti pestisida, obat-obatan, dan logam berat.

4. Penurunan berat badan
Sekitar 50 persen kebutuhan protein harian Anda dapat dipenuhi oleh 1 porsi (3 ons) ikan tuna, yang hanya 110 kalori. Mengganti daging berlemak dengan ikan tuna sebagai sumber utama protein, dapat secara efektif mengontrol berat badan Anda. Seba, Anda akan mengurangi konsumsi ratusan kalori.

Meskipun begitu, penurunan berat badan bergantung pada caar Anda mengonsumsi ikan tuna. Mengonsumsinya dengan menggunakan mayonnaise tentu tidak akan menyebabkan penurunan berat badan.

5. Menjaga kesehatan otak
Menjadikan ikan tuna sebagai bagian dari menu diet sehari-hari akan membantu mencegah penurunan kognitif dan penyakit Alzheimer. Sebab, asam lemak omega-3 mencegah peradangan dan melancarkan suplai darah ke otak.

Niacin yang teradpat dalam tuna juga memainkan peran penting dalam menunda penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia dan mengurangi kemungkinan mengidap penyakit Alzheimer.

6. Melindungi kesehatan jantung
Konsumsi ikan tuna akan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Asam lemak omega-3 juga membantu dalam pengurangan pembekuan darah dan mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.


Proses ini mencegah peradangan dan perubahan kolesterol menjadi plak yang dapat menyumbat arteri.
loading...
Judul: Sejuta Manfaat Ikan Tuna bagi Kesehatan; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

 
Toggle Footer