Info Terbaru
Loading...
27 April 2014

Kenali Macam Macam Kifosis (Bungkuk)

Minggu, April 27, 2014
Kenali Macam Macam Kifosis (Bungkuk)
Jenis Jenis Kifosis atau Bungkuk - Kifosis adalah salah satu gangguan yang terjadi di tulang belakang manusia. Pembungkukan ini ditandai dengan menurunnya tinggi badan disebabkan bentuk bentuk tidak normal, yaitu melengkung ke belakang melebihi 50 derajat.

Kifosis bisa mengakibatkan berbagai masalah. Tidak hanya postur tubuh yang membungkuk, kifosis juga bisa menimbulkan rasa sakit dan mengganggu kualitas hidup.
Secara umum, kifosis dapat dibedakan menjadi beberapa tipe sebagai berikut:



1. Kifosis Postural
Adalah jenis paling umum dan banyak terjadi pada wanita daripada pria. Gejala muncul ketika usia remaja. Hal ini dikarenakan postur tubuh yang tidak baik dan otot-otot ligamen bagian belakang yang melemah.

Tulang belakang biasa bentuknya normal pada kifosis ini. Tetapi pengidap merasakan gejala nyeri dan otot bagian belakang yang melemah. Tetapi mereka yang mengalami kifosis postural bisa kembali lurus. Karena, kifosis ini terjadi disebabkan postur tubuh semata bukan karena pembengkokan tulang.

Kifosis postural biasa bisa diatasi dengan terapi fisik untuk membantu menguarkan otot pinggang serta memperbaiki postur. Obat anti inflamasi juga bisa membantu mengurangi gejala.

2. Kifosis Bawaan
Ini merupakan jenis kifosis yang sangat jarang terjadi. Penyebab kifosis ini adalah ketika terjadi pertumbuhan tulang belakang yang abnormal sebelum dilahirkan. Hal ini terjadi ketika bayi masih dalam kandungan.

Oleh sebab itu saat masih dalam kandungan, sebaiknya para wanita mengonsumsi makanan terbaik untuk janin. Namun jika ketika anak terkahir dengan kondisi abnormal, kifosis diobati dengan pembedahan sedini mungkin. Ini untuk membantu mencegah kondisi lebih parah.

3. Kifosis Scheuermann
Ini adalah akibat dari kelainan struktural tulang belakang. Jenis kifosis ini bisa berkembang menjadi skoliosis--kelengkungan tulang belakang abnormal ke arah samping-- meski penyebabnya belum diketahui, jenis kifosis ini tidak hanya bisa menyerang tulang belakang, tetapi juga padadaerah leher, dada, bahkan pinggang.

Jenis kifosis ini bisa diobati dengan gabungan latihan serta terapi fisik dan pengobatan nyeri pinggang serta anti inflamasi. Jika kifosis terus berkembang, bisa memakai penyangga tulang.

4. Kifosis Akibat Osteoporosis
Ini merupakan penyebab kifosis yang sangat umum terjadi pada orang dewasa, dan lebih banyak terjadi pada wanita daripada pria. Tulang yang rapuh atau keropos adalah penyebabnya, terlebih wanita pada pasca menopause. saat hal ini terjadi pada usia tua maka kifosis tak akan lurus kembali.


Namun Anda dapat mencegah terjadi pembungkukan di kemudian hari, dengan cara mencegah badan bungkuk
loading...
Judul: Kenali Macam Macam Kifosis (Bungkuk); Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

 
Toggle Footer