Info Terbaru
Loading...
01 April 2014

Kegiatan yang Harus Dihindari Saat Insomnia

Selasa, April 01, 2014
loading...
Kegiatan yang Harus Dihindari Saat Insomnia
Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Insomnia - Capek setelah bekerja seharian dapat terbayar dengan tidur pulas semalaman. Tapi kebanyakan orang justru tak bisa tidur meski sudah mengantuk atau berusaha untuk memejamkan mata. Kondisi ini terjadi pada 30-40 persen orang dewasa dan biasa disebut dengan 'occasional sleeplessness'.

Namun jika kondisi ini juga terjadi pada Anda maka waspadalah karena bagaimanapun insomnia bisa jadi indikator gangguan kesehatan. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu menghilangkan sejumlah kebiasaan buruk yang membuat Anda terus terjaga di malam hari seperti berikut ini:


1. Hindari main internet
Teknologi ponsel pintar, tablet dan perangkat mobile lainnya yang makin canggih memudahkan setiap orang untuk browsing internet kapanpun ia mau, termasuk menjelang tidur. Padahal cahaya monitor dapat membuat Anda terjaga di saat Anda seharusnya mengantuk dan tertidur lelap.

Jika mata Anda menjadi begitu terang karena pengaruh cahaya ponsel sebelum tidur maka mata Anda itu tengah memberitahukan otak agar terus terjaga.

2. Jangan berdiam diri di atas kasur
Jika Anda kesulitan tertidur, jangan terus-terusan berada di bawah selimut dengan harapan agar Anda mengantuk atau berbaring di kasur begitu saja dan memaksa diri Anda untuk tertidur.

Alih-alih melakukan hal itu, lebih baik bangunlah dari kasur dan cobalah menemukan aktivitas yang bisa membuat Anda tertarik sekaligus merasa bosan atau mengantuk seperti membaca beberapa bab dari buku favorit Anda.
Untuk menghindari efek itu, mulailah meredupkan seluruh lampu di rumah dan kamar Anda maksimal tiga jam sebelum tidur dan jauhkan diri Anda dari alat-alat elektronik sepenuhnya.

3. Tidak jogging malam
Olahraga dua jam sebelum tidur justru bisa membuat Anda benar-benar tak bisa tertidur karena aktivitas fisik itu menyebabkan suhu tubuh Anda lebih tinggi dari normal.

Padahal di malam hari suhu tubuh akan turun dengan cepat sebagai salah satu sinyal bagi otak Anda bahwa inilah saatnya untuk tidur. Tapi jika Anda melakukan aktivitas yang cukup berat, metabolisme Anda akan naik, begitu pula detak jantung Anda dan sinyal itu pun akan tertutupi.
Bagi Anda yang sibuk bekerja dan baru sempat berolahraga di malam hari, lakukan treadmill atau sesi olahraga di sore hari saja untuk menghindari insomnia.

4. Jauhi kafein
Kafein yang terkandung di dalam kopi, cokelat panas, teh dan sejumlah minuman ringan merupakan stimulan dan efeknya dapat bertahan selama beberapa jam setelah Anda meminumnya. Faktanya, butuh waktu sekitar enam jam agar separuh dari kafein yang Anda minum itu hilang dari tubuh.

Untuk menghindari terjadinya kondisi ini, batasi asupan kafein harian Anda menjadi sedang (sekitar tiga cangkir kopi masing-masing sebanyak 8 ons) dan berhenti mengonsumsi minuman atau makanan berkafein menjelang tidur.

5. Jangan bawa-bawa pekerjaan ke tempat tidur
Mungkin akan terlihat efisien jika Anda bisa menjawab email atau mengerjakan tugas Anda di atas ranjang tapi sebenarnya hal ini akan merusak pola tidur Anda.  Anda tentu tak ingin otak mengaitkan stres atau masalah pekerjaan dengan tidur.


Untuk itu, khususkan ranjang Anda hanya untuk tidur dan bercinta, dari situ Anda akan mendapati istirahat malam yang lebih nyenyak dan menenangkan.
loading...
Judul: Kegiatan yang Harus Dihindari Saat Insomnia; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

 
Toggle Footer