Info Terbaru
Loading...
11 Februari 2014

5 Dampak Buruk Mengunyah Permen Karet untuk Kesehatan

Selasa, Februari 11, 2014
loading...
5 Dampak Buruk Mengunyah Permen Karet untuk Kesehatan
Dampak Buruk Mengunyah Permen Karet untuk Kesehatan - Selain Untuk mengurangi stress, permen karet dipercaya sebagai pengganti rokok bagi para perokok dan Konon kebiasaan mengunyah permen karet mencegah otak menjadi lemot. Lalu apa efek samping mengunyah permen karet bagi kesehatan ?

1. Merusak gigi
Menghindari pemanis buatan tak melulu karena menyebabkan diabetes atau gangguan kesehatan lain, tapi Dr Don Atkins, dokter gigi dari Long Beach, California memperingatkan bila kebanyakan mengonsumsi pemanis buatan, seperti yang terkandung pada permen karet, juga membuat gigi bermandikan gula dan menyebabkan kerusakan gigi.

2. Memicu nyeri pada rahang
Mengunyah permen karet juga dapat menyebabkan munculnya gejala temporomandibular joint (TMJ), atau nyeri pada rahang akibat otot dan sendi yang menghubungkan rahang bawah dengan tengkorak terlalu sering digunakan.

Parahnya kondisi ini bisa menyebar hingga ke kepala dan leher sehingga menyebabkan sakit kepala, nyeri di telinga atau sakit gigi dari waktu ke waktu. Daripada mengunyah permen karet, ganti saja dengan apel yang tak hanya ringan untuk dikunyah tapi juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Mengurangi makan buah
Banyak orang percaya bahwa mengunyah permen karet dapat mengurangi rasa lapar dan porsi makan. Namun baru-baru ini sebuah studi yang dipublikasikan jurnal Eating Behaviors mengatakan meskipun makan permen karet tak menambah kalori yang dikonsumsi seseorang, tapi kebiasaan ini juga mengurangi asupan makanan sehat (buah), terutama permen karet rasa mint. Rasa mint pada permen karet mengakibatkan buah dan sayuran terasa pahit.
Selain itu orang yang terbiasa mengunyah permen karet cenderung menyukai junk food.

4. Menyebabkan gangguan usus
"Mengunyah permen karet dapat mengakibatkan gangguan usus, terutama irritable bowel syndrome (IBS) karena kelebihan udara bisa tertelan sehingga berkontribusi pada nyeri perut dan kembung yang menjadi salah satu gejala IBS," terang Dr Patrick Takahashi, kepala divisi gastroenterologi di St Vincent Medical Center LA.

Lagipula pemanis buatan seperti sorbitol dan mannitol yang terkandung dalam permen karet juga dapat menyebabkan diare pada orang-orang sehat sekalipun.

5. Melepaskan merkuri ke dalam tubuh
Ini berlaku untuk orang-orang berkawat gigi yang gemar makan permen karet. Perlu diketahui bila tambalan pada kawat gigi terbuat dari kombinasi antara perak, merkuri dan timah. Gawatnya, mengunyah permen karet dapat melepaskan merkuri dari tambalan itu ke dalam tubuh.

Padahal kadar merkuri yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan neurologis seperti penyakit kronis dan gangguan mental. Beruntung menurut Takahashi, bila merkurinya tak banyak maka ini takkan berbahaya bagi tubuh.
loading...
Judul: 5 Dampak Buruk Mengunyah Permen Karet untuk Kesehatan; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

 
Toggle Footer