Info Terbaru
Loading...
05 Agustus 2013

5 Hal yang Bisa Merusak Mata

Senin, Agustus 05, 2013
5 Hal yang Bisa Merusak Mata
5 Hal yang Bisa Merusak Mata – Berperan sebagai indera penglihatan, mata adalah organ vital manusia. Demi memelihara kesehatannya, disarankan untuk memakan makanan yang mengandung gizi. Bisa didapat dari sumber nabati ataupun hewani.

Tetapi, demi menghindari kerusakan mata, memelihara kesehatan mata dari dalam saja belum cukup. Harus juga menjaga kesehatan dari luar tubuh. Untuk Anda yang bekerja di depan computer, radiasi ataupun paparan dari komputer bisa menjadikan pandangan mata kabur, kepala pusing, dan  gangguan lainnya.


Keadaan itu terjadi sebab mata dalam keadaan tegang atau tertekan. Tidak cuma paparan cahaya komputer saja. Nonton televisi, bermain game, dan membaca terlapau lama juga bisa mengakibatkan otot didaerah mata rusak.

Tidak hanya itu, ternyata ada hal-hal lain yang tanpa disadari bisa memicu kerusakan mata. Simak ulasannya:

Penyakit
Ada penyakit-penyakit yang beakibat pada penglihatan yaitu diabetes dan hipertensi. Kedua penyakit ini sangat berakibat buruk pada mata bila tidak segera diatasi. Pada penderita tekanan darah tinggi dan hipertens, pembuluh darah di sekitar retina bisa rusak. Mata jadi tidak fokus. Penyakit yang biasa menyerang adalah retinopati hipertensi.

Begitu juga dengan diabetes yang lebih berpeluang mengakibatkan penyakit mata, seperti glukoma, serta retinopati diabetes. Kondisi ini bisa mengakibatkan penglihatan kabur terlebih berpotensi mengakibatkan kebutaan.

Diet
Boleh-boleh saja menurunkan berat badan asalkan diimbangi dengan konsumsi gizi yang tepat. Tapi, yang seringkali terjadi, diet tidak sehat yang bisa membahayakan mata. Lantas dapat memicu penyakit mata, seperti defisiensi vitamin A yang berakibat pada rabun senja, mata cepat kering, dan kebutaan.

Alkohol
Alkohol jika dikonsumsi berlebihan tidak hanya berdampak buruk bagi tubuh, tetapi juga bagi mata. Hal ini pada nantinya bisa mengganggu penglihatan, seperti pandangan kabur, mata merah, sering migrain, dan menurunkan sensitivitas kontras.

Sinar UV
Bukan tak beralasan kacamata dipakai saat Anda berada di pantai. Fungsinya bukan hanya untuk aksesoris penampilan, tapi bisa juga berfungsi untuk mencegah paparan cahaya ultraviolet ke mata. Ini disebabkan sinar UV dari matahari bisa membakar kornea serta merusak lensa mata serta retina. Yang terburuk, bisa meningkatkan risiko katarak.

Merokok

Tidak cuma berakibat buruk bagi kesehatan. Merokok juga bisa merusak penglihatan mata. Ini dikarenakan banyaknya kandungan kimia pada rokok. Sehingga bisa merusak sisi sensitif mata, yaitu makula atau retina. Bagian ini dapat mengalami penurunan fungsi, hingga pada akhirnya dapat membuat penglihatan kabur.
loading...
Judul: 5 Hal yang Bisa Merusak Mata; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

 
Toggle Footer