Info Terbaru
Loading...
22 Juni 2013

Cara Mencegah Kanker Mulut

Sabtu, Juni 22, 2013
Cara Mencegah Kanker MulutCara Mencegah Kanker Mulut - Sakit gigi tak bisa dianggap remeh, pasalnya kondisi itu bisa memicu seorang risiko penyakit jantung dan gangguan fungsi pada organ-organ vital. Benarkah?

Ya, hal ini dipicu gigi seorang sudah karies atau berlubang, hingga memberikan ruang untuk bakteri bersarang dan berkembang. Kemudian, apabila bakteri itu masuk ke dalam pembuluh darah dan terbawa aliran darah, bakteri itu bisa bersarang di jantung, otak, tenggorokan dan persendian tubuh Anda. Sehingga pada kondisi tertentu bila tak tak segera diambil tindakan fungsi organnya bisa rusak, dan bila tak segera ditangani bisa mengancam nyawa seseorang.


Lantas, bagaimana agar kondisi itu bisa dihindari?

Berikut ini ada saran dari Drg. Zaura Rini Anggraini MDS selaku Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia mengenai pencegahan kanker mulut:
Deteksi awal dengan rutin check up
Hal ini diperlukan untuk melihat kesehatan gigi Anda secara keseluruhan. Apalagi Anda yang memiliki gigi berlubang dan gejala warna gusi yang berubah, mudah berdarah, ataupun sering mengeluh bau mulut yang relatif bau. Pasalnya, kondisi itu merupakan gejala awal dari berbagai efek buruk dari sakit gigi ini. Di samping itu, check up ini juga melihat apakah Anda memiliki kelainan dari struktur gigi. Secara umum, check up ini bertujuan agar bisa diambil penanganan yang tepat untuk penyelesaian keluhan Anda nantinya.

Memakai pasta gigi sesuai keluhan
Memakai gigi sesuai dengan keluhan juga salah satu kunci penting pencegahan. Semisal Anda mengalami gigi sensitif akibat karies ( hancurnya karang gigi) atau penyusutan gusi akibat keliru dalam menyikat gigi. Sehingga dinding dentim terbuka--yang diketahui pemicu gigi sensitif - sangat disarankan untuk memakai pasta gigi sensitif. Hal ini bertujuan agar kandungan dari pasta gigi memberikan lapisan pelindung kepada email, agar tak mengalami gigi ngilu saat mengonsumsi makan-minum dengan suhu ekstrem.

Memakai mouthwash
Memakai mouthwash setelah menggosok gigi, salah satu poin penting untuk pencegahan kanker mulut. Di mana pemakaian ini harus dilakukan sebelum beraktivitas dan sebelum tidur. Mengapa sebelum beraktivitas? Karena saat Anda bangun tidur, mouthwash akan menumpas bakteri yang sudah berkembang selam mulut tertutup karena tertidur. Inilah alasan mengapa sering muncul bau tak sedap saat baru bangun pagi. Sedangkan, penggunaan mouthwash saat malam, bertujuan untuk mengusir bakteri atau plak-plak (sisa penumpukan makanan) di gigi yang tak terjangkau pada saat menyikat gigi sebelumnya. Sehingga bekas makanan yang Anda makan seharian penuh tak bisa berkembang menjadi bakteri di dalam mulut, dan secara otomatis Anda sudah menghindari risiko kanker mulut.

Jauhkan dari mengonsumsi Alkohol dan merokok

Seorang yang tak mengonsumsi alkohol, jaringan saraf dalam mulutnya dapat melawan bakteri datang hingga jauh dari risiko kanker mulut. Berbeda bila seorang mangonsumsi alkohol dan suka merokok, perlahan jaringan sarafnya akan memburuk. Sehingga tak pelak membuat bakteri mudah berkembang bersama karsinogen di mulut seseorang.
loading...
Judul: Cara Mencegah Kanker Mulut; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

loading...
 
Toggle Footer