Info Terbaru
Loading...
02 Mei 2013

Tips Cara Atasi Kulit Berminyak

Kamis, Mei 02, 2013
Tips Cara Atasi Kulit Berminyak
Tips Cara Atasi Kulit Berminyak – Berikut ini adalah beberapa tips dan cara untuk mengatasi dan menghindari kulit berminyak.

Kulit berminyak biasanya terjadi karena kelenjar sebaceous di kulit terlalu aktif, hingga akhirnya memproduksi sebum yang berlebihan. Selain itu, banyak faktor lain yang berkontribusi terhadap kulit berminyak, misalnya tingkat hormon, kelembapan, diet berlebih, dan kosmetik yang digunakan Selain itu, faktor keturunan juga memegang peran besar dalam produksi minyak.


Kulit berminyak banyak terjadi ketika seseorang mengalami masa pubertas, tetapi secara umum dapat pula memengaruhi orang dari segala usia. Sebenarnya, kulit berminyak merupakan proses alamiah sehingga tidak ada cara yang benar-benar bisa menghentikan kulit berminyak.

Kendati menggunakan pilihan pengobatan, itu hanya sekadar mengurangi produksi minyak di kulit. Nah, agar kelembapannya dan produksi minyaknya terkontrol, ikuti langkah berikut seperti dipapar Ehow berikut.

1. Cuci wajah Anda tiga kali sehari dengan menggunakan sabun dan air panas. Air panas jauh lebih efektif melarutkan dan membasuh minyak di kulit daripada air dingin. Anda dapat menggunakan sabun batangan biasa atau mencoba sabun khusus untuk kulit berminyak yang ada di apotik.

2. Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi, meningkatkan aliran darah serta pori-pori. Seperti yang orang banyak tahu, berkeringat itu menyehatkan  bagi kulit. Tak hanya itu, berkeringat pun dapat membantu menghentikan kulit berminyak dan mengurangi frekuensi wabah jerawat.

3. Oleskan masker lumpur atau tanah liat beberapa kali dalam seminggu. Masker yang cenderung gelap biasanya akan menyerap minyak dengan sempurna serta mengurangi iritasi kulit sensitif.

4. Beli lah kosmetik yang berbahan air karena produk yang berbasis minyak dapat meningkatkan minyak di wajah. Anda pun dapat menggunakan bedak tabur untuk memulas wajah Anda. Bedak tabur memang tidak akan menghentikan produksi minyak, tetapi bedak jenis ini dapat meminimalkan minyak berlebih di kulit Anda.

5. Menghentikan atau mengubah jenis pil kontrasepsi yang Anda gunakan untuk membantu menghentikan kulit berminyak. Hormon memainkan peran utama dalam kulit berminyak. Itulah mengapa minyak dan jerawat meningkat selama masa pubertas dan kehamilan. Jika Anda tidak sedang menggunakan pil KB, Anda dapat meminta dokter tentang manfaat dan risiko penggunaan kontrasepsi lain untuk mengobati kulit berminyak.

7. Hindari menstimulasi kulit Anda secara berlebih. Exfoliating terlalu sering adalah pemicu umum produksi minyak yang berlebihan. Terus menerus menggosok atau scrubbing kulit juga bisa menyebabkan overstimulasi. Makin banyak jaringan kulit yang terkelupas setiap minggu makan akan meningkatkan produksi minyak.

8. Gunakan obat atau resep yang mengandung retinol guna mengontrol kulit berminyak serta menghindari iritasi pada kulit seperti kemerahan dan kulit mengelupas.
loading...
Judul: Tips Cara Atasi Kulit Berminyak; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

loading...
 
Toggle Footer