Info Terbaru
Loading...
13 Mei 2013

Cara Menyikat Gigi yang Benar

Senin, Mei 13, 2013

Cara Menyikat Gigi yang BenarCara Menyikat Gigi yang Benar – Berikut ini adalah cara yang benar dan efektif untuk membersihkan gigi dengan sikat gigi. Supaya bisa membersihkan gigi secara maksimal dan efektif, gosoklah sikat ke belakang dan ke depan secara horizontal, kemudian gosok perbatasan gigi dan gusi dengan sapuan lembut dan pendek secara vertikal.
Menyikat secara vertikal pada gigi bagian depan tidak akan membersihkan gigi dari kotoran. Kotoran jadi seperti dipingpong antar bagian atas dan bawah, jadinya tidak kemana-mana. Karena itu cara menyikat harus memperhatikan posisi gigi.


Cara menyikat gigi juga harus mampu membersihkan semua deposit pada permukaan gigi dan gusi, terutama saku gusi dan ruang antar gigi (interdental). Permukaan gigi depan atas dan bawah sebaiknya disikat secara vertikal terbuka. Cara ini akan memudahkan kotoran terbuang dari sela gigi.  Metode yang sama juga diterapkan pada permukaan gigi yang menghadap lidah/langit-langit.

Sedangkan untuk permukaan gigi yang menghadap ke pipi  sebaiknya disikat dengan cara atas bawah dalam keadaan mulut tertutup.

Selain posisi dan metode, menyikat gigi harus dilakukan secara sistematis. Bila memulai ujung kanan belakang maka harus berakhir pada ujung kiri belakang.

Untuk pemilihan sikat gigi, sesuaikan dengan lebar mulut jangan terlalu besar atau kecil. Sikat gigi dengan bidang besar akan mempersulit pembersihan antar sela dan juga tidak bisa mendeteksi adanya kelainan pada gusi. Sedangkan sikat gigi dengan bidang kecil lebih mudah mendeteksi bila ada kelainan pada gusi atau gigi.

Jangan terlalu kencang
Metode penyikatan yang baik akan menghindarkan gigi dari abrasi. Abrasi atau menipisnya lapisan pelindung biasanya disebabkan penyikatan gigi yang terlalu kencang.
Karena itu jangan terlalu kencang menyikat gigi. Setiap posisi gigi harus menerima tingkat energi yang sama selama penyikatan. Selain tidak terlalu kencang, Yudha juga menyarankan pemilihan pasta gigi yang tepat. Hal ini berhubungan dengan bahan aktif dalam pasta gigi. Kalau untuk perlindungan gigi pilih yang berfluoride, sedangkan untuk kesehatan gusi pilih yang bersodium carbonate.
Judul: Cara Menyikat Gigi yang Benar; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Toggle Footer