Info Terbaru
Loading...
12 Mei 2013

Tips Mencegah dan Merawat Rambut Rontok

Minggu, Mei 12, 2013

Tips Mencegah dan Merawat Rambut RontokCara Mencegah dan Merawat Rambut Rontok - Rambut indah adalah dambaan setiap perempuan. Tapi hanya sebagian yang memilikinya. Sebagian yang lain mengeluh. Kerontokan dan kerapuhan menjadi masalah. Mengapa rambut rontok? Bagaimana mengatasinya?

Dalam siklus pertumbuhan rambut yang normal, seseorang bisa kehilangan 50-80 helai rambut setiap hari. Itu alami dan tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi lebih dari 80 helai setiap hari, itu berarti terjadi kerontokan yang terjadi kerontokan yang terjadi pada fase istirahat rambut.


Sebenarnya setiap helai rambut di kepala memiliki fase tumbuh atau fase anagen, 2-6 tahun. Selama itu, rambut mengalami fase istirahat (telogen) dan fase rontok. Rambut pada fase istirahat pun akan rontok setelah dua atau tiga bulan. Setelah itu, barulah tumbuh rambut baru. Kerontokan tolagen adalah kerontokan yang paling banyak dikeluhkan oleh orang. Kerontokan jenis ini biasanya ditandai dengan penipisan rambut secara keseluruhan dan bukan kebotakan. Penyebabnya cukup beragam, baik internal maupun eksternal.

Perubahan hormonal seperti pada saat kehamilan atau penggunaan obat-obatan tertentu ketika anemia, demam atau pun tipus juga menjadi pencetus kerontokan rambut. Faktor lain yang mempengaruhi kerontokan rambut adalah gaya hidup, lingkungan, dan pemakaian alat-alat styling rambut. Ada beberapa tanda khusus rambut rontok, antara lain, mudah patah pada saat disisir dan terlepas ketika dicuci.

Penyebab rambut rontok adalah kerapuhan. Kerapuhan disebabkan oleh faktor mekanik seperti pengelupasan dan kerusakan kutikula karena menyisir dan menata rambut, faktor kimia seperti pewarnaan, pengeritingan, dan pemucatan atau bleaching, menyisir ketika rambut terlalu kencang, faktor lingkungan seperti matahari, polusi dan asap yang membuat rambut kehilangan protein dan faktor genetik (keturunan).

Sebenarnya setiap orang dianugerahi rambut bercahaya sebab pada akar rambut keluar lemak yang membuat helai-helai rambut tampak bercahaya. Inilah yang disebut dengan rambut normal dan sehat. Namun, faktor lingkungan, termasuk perlakuan pada bagian atas kepala itu, membuat rambut kehilangan lemak. Akibatnya, pertumbuhan rambut pun tidak sehat. Rambut menjadi kering atau rusak.

Berikut beberapa tips mencegah kerontokan rambut:
1. Makanlah makanan yang bergizi, terutama yang banyak mengandung protein dan zat besi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan organ tubuh termasuk rambut. Sumber protein utama adalah ikan, telur, kacang kacangan, yogurt, kedelai, dan lain-lain.

2. Hindari stres karena stres akan mengganggu metabolisme tubuh, yang pada gilirannya turut mempengaruhi rambut.

3. Jauhi obat-obatan yang dapat mengganggu pertumbuhan rambut.

4. Rajinlah berolahraga. Berolahraga secara teratur akan memperlancar peredaran darah.

5. Beristirahatlah yang cukup sehingga pertumbuhan rambut lebih optimal.

6. Berhentilah merokok, kurangilah konsumsi kafein. Kedua zat ini tidak baik untuk rambut.

7. Jangan gunakan air yang terlalu panas untuk keramas. Jangan terlalu sering juga menggunakan pengering rambut. Keringkan rambut dengan handuk atau biarkan kering secara alami.

9. Lindungi kulit kepala dari sinar matahari langsung.

10. Pilihlah sampo herbal yang bagus.

11. Sisirlah rambut dengan lembut ketika rambut masih dalam keadaan agak basah.

12. Kurangi penggunaan gel rambut, krim, minyak rambut, pewarna rambut, dan spray rambut. Gunakanlah produk yang terbuat dari bahan alami.

13. Gunakan gunting yang tajam untuk memotong rambut.
loading...
Judul: Tips Mencegah dan Merawat Rambut Rontok; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

 
Toggle Footer