Info Terbaru
Loading...
07 Agustus 2014

4 Makanan Pencegah Encok

Kamis, Agustus 07, 2014
4 Makanan Pencegah Encok
Makanan Pencegah Encok - Encok, siapa yang tidak kenal penyakit klasik ini? Biasanya encok dihubungkan dengan orangtua yang persendiannya sering nyeri.

Encok merupakan jenis rematik yang menyakitkan dan dapat memengaruhi satu atau lebih persendian, tetapi biasanya terjadi pada kaki. Biasanya diobati dengan obat anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit. Makanan tertentu dapat memicu serangan, Anda harus tetap sadar atas apa yang Anda konsumsi.

Encok terjadi ketika asam urat mengkristal dan menumpuk dalam sendi. Asam-urat yang berfungsi sebagai antioksidan dan perlindungan bagi lapisan pembuluh darah kita di level normal dibuat selama pemecahan zat organik yang ditemukan dalam makanan yang disebut purin.

Ada beberapa makanan yang harus Anda hindari dan kurangi agar encok tidak menjadi lebih buruk, seperti berikut ini.


Ikan dan seafood
Ikan dan makanan laut juga merupakan sumber dari purin. Yang paling buruk bagi penderita asam urat ialah kerang, sarden, ikan teri, dan makarel. Ikan lainnya yang cukup tinggi purin, termasuk tuna, ikan mas, salmon, kakap, dan ikan trout. Hindari makanan laut lainnya, seperti kerang, lobster, kepiting, dan udang yang mengandung kadar tinggi purin dan sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedikit.

Daging dan jeroan
Jeroan punya kandungan purin yang tinggi. Hati, ginjal, otak, lidah dan babat, semua jeroan tersebut harus benar-benar dihindari. Semua daging mengandung purin, jadi asupan daging Anda harus dibatasi, sekitar 4 ons per hari. Contoh daging, termasuk babi, ayam, bebek, angsa, ham, kelinci, domba, kalkun, domba, sapi, dan daging rusa. Purin cukup tinggi dalam makanan yang mengandung unsur hewani, seperti kuah, kaldu, dan sup ayam.

Sayuran tertentu
Beberapa sayuran kaya purin dan harus dibatasi tidak lebih dari dua porsi (satu cup mentah atau 1/2 cangkir dimasak) tiap pekan. Mereka termasuk asparagus, kembang kol, kacang, kacang polong, dan bayam.

Gandum utuh

Gandum utuh seperti roti gandum dan sereal memiliki purin yang cukup tinggi. Sebaliknya, makan roti gandum halus (roti putih), pasta, dan nasi putih untuk membatasi asupan purin Anda. Jika Anda ingin biji-bijian, batasi tidak lebih dari dua porsi tiap pekan.
loading...
Judul: 4 Makanan Pencegah Encok; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

loading...
 
Toggle Footer