Info Terbaru
Loading...
15 Mei 2013

Cara Mengatasi Abrasi Gigi

Rabu, Mei 15, 2013

Cara Mengatasi Abrasi GigiCara Mengatasi Abrasi Gigi – Lapisan gigi yang terkikis atau abrasi gigi merupakan salah satu masalah gigi yang diakibatkan kebiasaan menyikat gigi yang tidak tepat, seperti terlalu kerasnya gerakan menyikat dan penggunaan bulu sikat yang terlalu keras, memang dapat mengakibatkan terkikisnya email gigi di bagian leher gigi yang biasa disebut abrasi gigi. Keadaan ini dapat pula diikuti dengan terjadinya penurunan gusi. Ketahuilah cara menyikat gigi yang benar


Abrasi gigi dapat pula disebabkan oleh kebiasaan menggunakan tusuk gigi, menghisap rokok menggunakan pipa, pemakaian alat ortodonti dan pemakaian gigi tiruan. Sedangkan penyebab lain yang dikaitkan dengan penurunan gusi adalah adanya plak

Gejala yang timbul ketika email di bagian leher gigi hilang adalah rasa sensitif terhadap panas, dingin, dan pada saat menyikat gigi di daerah tersebut.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya abrasi gigi, antara lain:

1.    Jangan menyikat gigi terlalu keras dan menekan. Gunakan tekanan ringan dan gerakan menyikat gigi yang tepat.
2.    Gunakan bulu sikat gigi yang lembut sampai sedang, dengan kepala sikat gigi yang kecil.
3.    Lebih berhati-hati pada saat menyikat gigi taring dan geraham kecil anda, sebab kedua gigi ini berada di sudut mulut anda. Yang biasanya secara tidak sengaja anda membersihkan bagian ini terlalu berlebihan, sehingga dapat menyebabkan abrasi gigi.
4.    Hindari pasta gigi yang banyak mengandung bahan abrasif, misalnya pasta gigi untuk pemutih (whitening toothpaste).
5.    Hindari penggunaan tusuk gigi, dan beralih ke benang gigi.

Jika abrasi gigi sudah terjadi, maka perawatan yang dapat dilakukan adalah melakukan penambalan leher gigi dan menutup permukaan akar gigi dengan bahan tambal sewarna gigi. Jika abrasi gigi sudah terlalu dalam sampai menyerang bagian ruang saraf gigi, maka terlebih dahulu harus dilakukan perawatan saluran akar gigi kemudian dilakukan penambalan sewarna gigi.

Alternatif lain untuk merawat abrasi gigi yang diikuti penurunan gusi adalah, melakukan penambalan pada bagian leher gigi, kemudian dilakukan pembedahan gusi untuk menutup permukaan akar gigi.
loading...
Judul: Cara Mengatasi Abrasi Gigi; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

loading...
 
Toggle Footer