Info Terbaru
Loading...
19 Juli 2014

Cara Merawat Gusi Bayi

Sabtu, Juli 19, 2014
http://kuncihidupsehat.blogspot.com/2014/07/5-penyakit-akibat-kurang-tidur.html
Cara Merawat Gusi Bayi - Sebelum gigi pertamanya tumbuh, gusi bayi harus sudah dirawat dengan baik. Kebersihan mulut yang baik akan memfasilitasi pengembangan mulut yang sehat pada bayi.

Bakteri dalam mulut bisa merusak gusi anak, bahkan sebelum gigi muncul. Oleh karenanya, gusi bayi harus secara rutin dibersihkan.

Bagaimana cara merawat gusi bayi? Ini jawabannya:


Bersihkan dengan air bersih
Bersihkan gusi bayi secara teratur dengan air. Gunakan selembar kain bersih atau kapas yang telah dibasahi air, lalu gosokkan gusi bayi dengan lembut.

Mulai kebiasaan ini sebelum bayi mulai tumbuh gigi. Berhati-hatilah saat membersihkan gusinya sehabis makan dan sebelum mereka tidur.

Dengan sikat gigi
Saat bayi Anda mulai tumbuh gigi, gunakan sikat gigi lembut berkepala kecil untuknya. Tidak perlu banyak-banyak menggunakan pasta gigi saat gigi sang bayi baru saja mulai tumbuh.

Sikat gigi anak Anda dua kali sehari. Pijat lembut gusi dan pastikan gigi serta gusinya tidak terluka.

Anda harus segera mengganti sikat setelah bulu sikat sudah rusak. Setelah Anda menyikat gigi bayi yang baru tumbuh, jangan lupa untuk cuci mulutnya.
 
Jaga makanan
Untuk menjaga gusi bayi dalam kesehatan yang baik Anda harus memperhatikan makanan-makanan yang dikonsumsi bayi. Hati-hati dengan permen, jus, dan susu. Jangan biasakan anak Anda untuk tidur dengan botol susu di mulutnya. Hal tersebut akan mengisi mulutnya dengan bakteri dan menyebabkan kerusakan gigi.

Yang paling penting dari semua, pastikan Anda mengunjungi dokter gigi secara berkala untuk untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi bayi. Anda harus selalu mengunjungi dokter gigi bersama dengan dokter anak untuk anak Anda.

Membiasakan perawatan gusi dan gigi sejak dini akan membuat bayi Anda terbiasa menjaga kesehatan mulutnya hingga dewasa nanti.

Pasta gigi berfluorida

Mulailah gunakan pasta gigi berfluoride beberapa bulan setelah bayi Anda mulai tumbuh gigi. Ini mencegah kerusakan gigi dengan memperkuat enamel gigi dan membuatnya lebih tahan terhadap bakteri. Tapi terlalu sering menggunakan pasta itu juga tidak baik untuk gusi bayi. Periksa dengan dokter gigi dan mencari tahu yang merupakan pasta gigi fluoride paling cocok untuk anak Anda.
loading...
Judul: Cara Merawat Gusi Bayi; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

loading...
 
Toggle Footer