Info Terbaru
Loading...
06 Januari 2014

9 Cara Alami Detoksifikasi Tubuh

Senin, Januari 06, 2014
9 Cara Alami Detoksifikasi Tubuh
9 Cara Alami Detoksifikasi Tubuh - Detoksifikasi atau proses pembersihan racun dalam tubuh secara alami dilakukan oleh berbagai organ seperti liver, ginjal dan paru-paru. Namun Anda juga bisa membantu meningkatkan kemampuan detoks tubuh dengan 9 cara sederhana ini.
Untuk memastikan efektivitasnya, Anda bisa mulai mencobanya selama dua minggu saja dan lihat hasilnya. Berikut 9 cara detoks alami yang perlu Anda coba.

1. Banyak minum air
Air adalah bagian terpenting dalam setiap proses metabolik tubuh dan asupan air yang memadai juga membantu menyeimbangkan kadar garam tubuh. Selain air putih, Anda juga bisa memanfaatkan buah dan sayur yang sebagian besar mengandung air, besarnya 5-7 porsi. 
Ada beberapa ciri tubuh kekurangan cairan. Cara terbaik untuk mengetahui apakah asupan air Anda cukup atau tidak, cek warna urin Anda saja. Yang ideal adalah kuning pucat. Bila warnanya lebih gelap dari ini, minum satu-dua gelas air putih.

2. Hindari alkohol
Selain tak sehat dan memabukkan, alkohol juga bersifat diuretik sehingga sering menimbulkan dehidrasi. Lagipula alkohol mengandung kalori ekstra dan menurunkan fokus seseorang hingga tak dapat menghindari makanan berkalori tinggi.

3. Batasi kafein
Kafein dapat meningkatkan fokus dan kewaspadaan seseorang, tapi itu jika konsumsinya tak lebih dari 300 miligram perhari. Oleh karena itu yang dianjurkan adalah konsumsi kopi tak lebih dari dua porsi sehari dan teh enam porsi sehari.

Yang pasti, makin sedikit kafein yang dikonsumsi, makin besar efek positifnya terhadap kondisi biologis seseorang. Namun bukan berarti Anda tak usah minum kopi atau teh sama sekali.

4. Hapuskan makanan olahan dalam daftar menu
Garis besarnya, jangan pernah konsumsi makanan yang dikemas dalam kaleng, kotak, kantung atau botol. Kalau perlu jangan makan di restoran juga. Pasalnya banyak makanan restoran yang terlihat menyehatkan tapi sejatinya makanan itu diolah dengan minyak tak sehat atau dicelupkan ke dalam saus krim yang berlemak tinggi.
Lagipula berhenti mengonsumsi makanan olahan adalah cara termudah dan tercepat untuk membatasi kelebihan gula, lemak dan kalori.

5. Kurangi gula maupun pemanis rendah kalori
Bukan berarti Anda tak boleh makan atau minum yang manis-manis, tapi kalau bisa kurangi konsumsi minuman berpemanis buatan, begitu juga dengan camilan dan kue-kue. Baiknya gunakan buah saja untuk memuaskan hasrat Anda akan makanan manis.

6. Konsumsi serat
Saat detoks, saluran pencernaan bukannya ingin dibersihkan tapi sebenarnya ia ingin dirangsang, terutama dengan serat. Dengan kata lain serat menjadi semacam 'latihan fisik' bagi saluran pencernaan.
Namun pastikan pilih serat dari buah, sayuran maupun gandum utuh saja sebanyak 3-4 gram per porsi. Jangan serat dari produk olahan yang diklaim mengandung 50 persen kebutuhan serat harian.

7. Lakukan aktivitas yang membuat tubuh berkeringat
Kulit merupakan organ terbesar yang 'menempel' di tubuh dan berkeringat membantu seseorang menghilangkan kelebihan garam dan produk metabolisme lainnya dari tubuh.
Untuk itu berkeringat setiap hari adalah cara yang baik untuk mendukung tubuh Anda agar bisa melakukan proses pelepasan produk metabolisme yang menyehatkan.

8. Cukup tidur
Pastikan Anda tidur 7-9 jam setiap malam. Selain itu, tidur yang cukup juga diketahui dapat meningkatkan fungsi kognitif seseorang.

9. Ubah respons diri terhadap stres
Hampir setiap orang tak bisa terhindar dari yang namanya stres, namun lain halnya dengan mengubah responsnya terhadap sumber stres karena ini akan menyehatkan tubuh. Mulailah dengan konsep 'berhenti dan berpikir' serta menarik napas dalam-dalam sebelum merespons stres. Dengan begitu Anda tak merespons stres secara berlebihan, yang pada akhirnya membebani tubuh.

Pola makan yang baik, tidur cukup dan aktif berolahraga juga akan membantu mempertahankan kontrol yang Anda butuhkan untuk mengelola stres yang Anda hadapi secara lebih efektif.
loading...
Judul: 9 Cara Alami Detoksifikasi Tubuh; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

 
Toggle Footer