Info Terbaru
Loading...
30 Desember 2013

9 Jenis Makanan Sumber Zat Besi untuk Tubuh

Senin, Desember 30, 2013
9 Jenis Makanan Sumber Zat Besi untuk Tubuh
9 Jenis Makanan Sumber Zat Besi untuk Tubuh  - Besi merupakan nutrisi kunci untuk energi selama berolahraga. Studi terbaru dari American College of Sports Medicine menemukan, banyak wanita aktif menderita kekurangan besi, yang berisiko menyebabkan sakit atau luka pada otot dan lelah usai olahraga.

Otot yang lelah tentu tidak bisa dipaksa beraktivitas lebih jauh. United State Departement of Agriculture (USDA) merekomendasikan wanita mengonsumsi 18 miligram besi per hari.

Untuk mencukupi kebutuhan tersebut wanita membutuhkan makanan kaya besi. Berikut beberapa jenis asupan yang bisa dikonsumsi wanita untuk mencukupi kebutuhan besinya,


1. Kentang.
Satu kentang kecil mengandung kurang lebih 2,7 miligram besi. Sebaiknya asupan ini dikonsumsi dengan cara kukus atau bakar, supaya tidak perlu tambahan minyak yang berarti memasukkan ekstra lemak ke dalam tubuh.

2. Kacang chickpea.
Satu cangkir atau setara 100 gram chickpea mengandung 4,74 miligram besi. Kacang ini juga kaya serat, yang membantu menekan tensi darah dan kolesterol.
3. Tomat.
Satu cangkir atau setara 100 gram tomat mengandung 3,39 miligram besi. Konsumsi tomat juga mencegah penuaan kulit dengan kandungan antioksidannya.

4. Tiram.
Tiga ons tiram atau setara 85 gram mengandung 5,91 miligram besi. Tiram juga kaya kalsium yang baik untuk kesehatan.

5. Kacang merah.
Satu cangkir atau setara 100 gram kacang merah mengandung 5,2 miligram besi. Kacang merah juga asupan yang kaya serat, vitamin C, dan protein.

6. Daging sapi.
Tiga ons daging sapi atau setara 85 gram mengandung 5,24 miligram besi. Selain besi, daging sapi juga kaya protein yang membantu pemulihan tubuh setelah olahraga.

7. Nasi putih.
Satu cangkir atau setara 100 gram nasi putih mengandung 7,97 miligram besi. Kandungan besi semakin banyak bila nasi putih dikonsumsi bersama asupan lain, misalnya bayam.

8. Bayam.
Satu cangkir atau setara 100 gram bayam mengandung 6,43 miligram besi. Bayam kaya vitamin A, kalsium, dan potasium untuk memperkuat otot.

9. Kacang.

Satu cangkir kacang mengandung sekitar 6,59 miligram besi. Selain besi, kacang juga kaya serat dan vitamin A. Kacang bisa digunakan sebagai camilan atau makanan pembuka.
loading...
Judul: 9 Jenis Makanan Sumber Zat Besi untuk Tubuh; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

loading...
 
Toggle Footer