Info Terbaru
Loading...
15 November 2013

Cara Alami Mengatasi Luka Bakar

Jumat, November 15, 2013
Cara Alami Mengatasi Luka Bakar
Cara Alami Mengatasi Luka Bakar - Percikan api dapat menyebabkan luka bakar ringan, namun bisa menimbulkan bekas luka di kulit. Salah satu bekas luka bakar adalah warna merah yang terlihat mengganggu penampilan Anda dan terkadang terasa sakit. Luka bakar ringan bisa menjadi sangat menyakitkan dan membuat kulit terasa panas bila tidak segera ditangani. Untuk pengobatannya, Anda bisa menggunakan cara yang sederhana dan alami agar tidak menimbulkan bekas luka di kulit.
Tentu saja, Anda tidak ingin mengalami hal tersebut. Tetapi bila itu terjadi, Anda harus segera melakukan tindakan agar luka tidak semakin buruk. Berikut pengobatan alami yang dapat dilakukan bila mengalami luka bakar:

Air dingin
Salah satu cara terbaik mengobati luka bakar tingkat pertama dengan mengalirkan air di daerah luka. Selain itu, Anda juga dapat meredakan luka bakar dengan mengompresnya dengan air dingin dan ulangi setiap beberapa jam. Salah satu tip yang perlu diingat adalah jangan menggunakan es batu untuk meredakan luka bakar karena akan membatasi aliran darah dan menyebabkan kerusakan urat nadi.

Minyak kelapa
Minyak kelapa adalah salah satu cara termudah dan terbaik untuk mengobati luka bakar. Alasannya karena minyak kelapa mengandung vitamin E dan asam lemak, seperti asam laurat, asam miristat, dan kaprat. Kesemuanya berfungsi sebagai anti-jamur, anti-oksidasi dan anti-bakteri.

Susu
Cara lain untuk membantu mengobati luka bakar tingkat pertama dengan menuangkan susu dingin di wilayah luka. Susu membantu untuk meredakan kulit dan baik setelah pengobatan. Jika Anda menggunakan obat alami ini untuk mengobati luka bakar, pastikan menggunakan susu skim atau susu tanpa lemak.

Lemon
Lemon adalah obat sederhana lain yang dapat digunakan untuk mengobati luka bakar. Jus lemon dibubuhi pada daerah luka bakar selama dua sampai tiga hari. Lemon membantu untuk meringankan daerah luka bakar dan membanwanya kembali ke warna kulit normal.

Kentang
Kentang diketahui dapat digunakan untuk mengobati luka bakar ringat di kulit. Namun, pastikan Anda menggunakan kentang mentah dalam mengatasi luka ringan Anda. Selain itu, kentang mentah juga akan membantu untuk menghilangkan setiap iritasi di sekitar luka.

Air cuka
Air cuka dapat digunakan untuk mengobati luka bakar ringan. Anda bisa menggunakan cuka sebagai pengobatan luka bakar karena mengandung astringent dan antiseptik yang dapat membantu dalam mencegah infeksi.

Lidah buaya
Para ahli mengatakan bahwa lidah buaya adalah obat yang baik untuk mengobati luka bakar tingkat pertama. Lidah buaya juga meredakan dan mengurangi kemungkinan luka bakar terasa melepuh. Untuk menggunakan pengobatan alami ini, Anda harus terlebih dahulu membilas daerah luka bakar dengan air, baru setelah itu menggunakan jus lidah buaya di daerah luka.

Daun pisang
Cara yang lebih cepat untuk menyembuhkan luka bakar dengan menggunakan daun pisang. Hal ini karena daun pisang memiliki sifat anti-inflamasi, antimikroba, antihemorrhagic, dan sifat ekspektoran. Anda harus terlebih dahulu menghancurkan segenggam daun pisang dan membuatnya menjadi ekstrak jus. Kemudian, ekstrak jus ini dibasuh langsung ke daerah luka bakar secara perlahan-lahan.

Teh

Kantong teh hitam celup dingin akan membantu meringankan rasa sakit akibat luka bakar. Hal ini karena kantong teh hitam celup mengandung asam tannic yang membantu meredakan rasa panas dari luka bakar, dengan demikian akan mengurangi rasa sakit. Tempatkan kantong teh pada daerah luka bakar dan membungkusnya menggunakan kain kasa, lalu oleskan cairan lidah buaya pada luka bakar.
loading...
Judul: Cara Alami Mengatasi Luka Bakar; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

loading...
 
Toggle Footer