Info Terbaru
Loading...
02 Juli 2013

Penyebab Sering Sariawan

Selasa, Juli 02, 2013
Penyebab Sering SariawanPenyebab Sering Sariawan - Sariawan merupakan gangguan rongga mulut yang sangat mengganggu. Jika anda sariawan, maka otomatis nafsu makan menurun yang akan menimbulkan gangguan pencernaan dan perut. Gangguan ini ternyata tak semata-mata disebabkan oleh kurangnya vitamin C.


Jika Anda termasuk salah satu orang yang sering mengalami sariawan, coba pastikan apakah tubuh sudah mendapat asupan zat besi yang cukup. Kekurangan zat besi juga bisa memunculkan sariawan.
Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan tubuh kekurangan zat besi hingga menimbulkan sariawan:

Anemia
Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah ini merupakan bentuk ekstrem dari kekurangan zat besi. Bukan hanya menyebabkan tubuh lemas, tapi juga menimbulkan rasa sakit pada bagian ulkus mulut (luka di mulut) yang berulang.

Menstruasi
Sariawan juga bisa muncul saat fase menstruasi, karena terjadi perubahan hormon tubuh yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh kekurangan zat besi. Meski angka kejadiannya terbilang sedikit.
Diet
Tak sedikit orang yang sedang diet mengabaikan asupan sehat, seperti kecukupan zat besi ini. Kekurangan zat besi akan menghambat aliran oksigen dalam tubuh. Hasilnya: tubuh mudah lelah, mual, dan sariawan. Untuk itu Anda sebaiknya mengonsumsi banyak sayuran hijau seperti bayam dan brokoli dalam menu diet.

Konsumsi obat
Sariawan bisa muncul saat kita menggunakan obat kumur atau obat tetes untuk mulut. Beberapa jenis obat memang mengandung bahan yang dapat menghilangkan keseimbangan tubuh, termasuk menghentikan penyerapan zat besi.
loading...
Judul: Penyebab Sering Sariawan; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

loading...
 
Toggle Footer