Info Terbaru
Loading...
31 Juli 2013

Makanan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak

Rabu, Juli 31, 2013
Makanan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak
Makanan yang Baik Untuk Kecerdasan Otak – Tidak beda dengan tubuh, otak juga perlu nutrisi. Untuk energi, otak membutuhkan glukosa yang mudah dimetabolisme dari karbohidrat. Untuk melindungi, otak butuh beraneka vitamin serta antioksidan. Sementara untuk performanya, otak memerlukan asam lemak.
Temukan bermacam-macami nutrisi yang dibutuhkan otak dari beberapa sumber makanan terbaik berikut ini.


Lemak ikan
Ikan yang mengandung lemak seperti salmom, tuna, makarel, sardin serta herring bukan cuma kaya akan protein. Ikan tersebut juga merupakan sumber kalsium, vitamin B, serta asam lemak. Satu diantaranya asam lemak omega 3 yang penting untuk menjaga fungsi otak serta sistem saraf.

Asam lemak omega 3 penting untuk membentuk mielin, lapisan pelindung saraf yang mempercepat aliran impuls otak. Asam lemak omega 3 juga memiliki peranan penting  dalam kecerdasan dan perilaku. Kurangnya omega 3 mengakibatkan masalah seperti disleksia serta depresi.

Karbohidrat
Pilih serelia utuh seperti oatmeal, tepung gandum, serta jewawut yang mana merupakan karbohidrat sehat yang cepat dicerna untuk memproduksi glukosa. Cara terbanyak yang digunakan untuk memakan padi-padian adalah melewwati nasi serta roti, meskipun sereal dan biskuit juga memiliki nutrisi yang sama.

Glukosa merupakan bahan bakar utama bagi otak. Paling sedikit 100 gram karbohidrat harus dikonsumsi tiap-tiap hari untuk menyediakan glukosa yang cukup sebagai kemampuan otak. Gandum utuh juga salah satu sumber vitamin B, Serat laut dan selenium. Serat larut dapat menjaga kandungan kolesterol didalam darah, yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular serta stroke.

Biji-bijian dan Kacang
Sebagian biji bijian dan kacang merupakan sumber yang bagus untuk mineral, protein, asam lemak omega 6, vitamin E, serta beberapa asam amino penting. Misalnya, labu serta wijen yang kaya akan tirosin.

Tirosin merupakan asam amino yang diperlukan untuk membentuk sintesis dopamine. Dopamine merupakan neurotran mitter yang mengelola mood serta mengkoordinasikan gerakan.

Sebagian kacang serta biji-bijian merupakan sumber vitamin B yang baik. Contohnya almonds, walnuts, hazelnuts, cashews, flaxseeds serta biji bunga matahari.

Vitamin B-6 dibutuhkan untuk memproduksi dopamine serta serotonin yang perlu untuk komunikasi antar neuron. Sementara itu, kekurangan vitamin B 12 berefek pada pertanda yang sama dengan Alzheimer. Sedangkan asam folat dibutuhkan otak untuk memperbaiki memori serta konsentrasi.

Buah berry yang kaya antioksidan
Blueberry merupakan buah yang kaya akan kandungan antioksidan, yang berperan untuk menjaga pembuluh darah serta otak dari stres oksidatif yang disebabkan radikal bebas.


Satu dari antioksidan yaitu vitamin E  yang dapat mencegah menurunnya kemampuan kognitif dikarenakan faktor usia. Sering mengonsumsi bluberry dapat meningkatkan kemampuan belajar, kemampuan motorik, serta memori. Anthocyanin yang terdapat dalam blueberry juga menambah pertumbuhan neuron baru pada daerah amigdala di otak.
Judul: Makanan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Toggle Footer