Info Terbaru
Loading...
11 Juni 2013

Pemicu Kanker Payudara

Selasa, Juni 11, 2013
Pemicu Kanker PayudaraPemicu Kanker Payudara - Belakangan tren makanan cepat saji dan perilaku hidup tidak sehat jadi kombinasi buruk pemicu datangnya penyakit. Salah satunya ialah kanker payudara pada wanita.

Ya, hal ini bisa terjadi karena kedua hal itu memudahkan virus ataupun bakteri datang dan berkembang dalam payudara. Apalagi bila wanita itu mempunyai gen kanker dalam tubuh, kemungkinan Anda terkena risiko tersebut bisa berkali-kali lipat. Seperti yang Anda ketahui, kanker payudara terjadi ketika sel normal dalam jaringan payudara mengalami perubahan genetik sehingga menyebabkan perkembangan sel-sel kanker tumbuh tak terkendali dan membentuk tumor.


Mengetahui penyebab agar kemudian sejak dini melakukan pencegahan menjadi kunci penting terhindar dari risiko tersebut. Lantas,  apa saja penyebab-penyebab membuat wanita terkena kanker payudara? Berikut ini ada beberapa pemicu yang berkontribusi besar  seorang wanita terkena kanker payudara, di antaranya sebagai berikut, seperti dilansir Livestrong.

Mengonsumsi alkohol
Hasil penelitian The American Cancer Society telah menunjukan bahwa wanita yang minum lebih dari dua gelas minuman beralkohol per hari, mempunyai kemungkinan lebih besar terkena kanker payudara.

Berbadan gemuk
The National Cancer Institute menjelaskan bahwa kadar lemak tubuh pada wanita dapat meningkatkan kadar estrogen dan risiko kanker payudara.Selain itu, wanita yang sudah mengalami menopause sekaligus berbadan gemuk sangat berisiko untuk perkembangan sel-sel tumor pada payudara.

Penggunaan pil KB
The Mayo Clinic dan American Cancer Society menjelaskan bahwa penggunaan pil KB dapat meningkatkan wanita terkena risiko kanker payudara. Sementara itu, risiko ini akan menurun secara otomatis bila penggunaan pil KB berhenti.

Mempunyai gen kanker
Sejumlah perubahan genetik tertentu akan memengaruhi secara signifikan terjadinya kanker payudara. The American Cancer Society menjelaskan bahwa gen BRCA1 dan BRCA2 sering bermutasi pada wanita hingga menjadi kanker payudara. Bahkan, wanita yang mewarisi gen bermutasi BRCA memiliki hingga risiko 80 persen terkena kanker payudara.


Gen HER2 juga memiliki peran penting dalam perkembangan sel-sel kanker dala payudara. Umumnya, setelah seorang wanita didiagnosa menderita kanker payudara, status HER2 tumor akan ditentukan dan diputuskan apakah hasilnya "HER2-positif" atau "HER2-negatif." Pada tahap ini, memang sangat berat bagi wanita, namun harus dilakukan. Pasalnya, bila memang hasilnya positif terdiagnosa kanker payudara, kondisi itu membantu untuk menentukan cara terbaik untuk mengobati tumornya.
loading...
Judul: Pemicu Kanker Payudara; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

loading...
 
Toggle Footer