Info Terbaru
Loading...
27 Mei 2013

Cara Menjaga Berat Badan Ketika Hamil

Senin, Mei 27, 2013
Cara Menjaga Berat Badan Ketika Hamil
Cara Menjaga Berat Badan Ketika Hamil - Bagi wanita hamil, kalori ekstra yang dibutuhkan saat hamil sering berakibat pada pertambahan berat badan yang berlebihan. Padahal kelebihan berat badan sebelum hamil atau berat badan yang terlampau naik saat hamil dapat berakibat buruk, tidak hanya bagi calon ibu, tetapi juga pada bayi.

Menurut Centers of Disease Control and Prevention’s Pregnancy Risk Assessment Monitoring System, lebih dari 30 persen wanita yang memiliki berat badan normal sebelum hamil tetap berisiko memiliki bobot berlebihan saat hamil.


Kondisi ini bisa berakibat pada peningkatan tekanan darah dan diabetes gestasional. Ada juga kemungkinan lebih tinggi untuk mengalami keguguran, bayi lahir dalam kondisi meninggal, atau kondisi di mana bayi harus dilahirkan melalui operasi caesar.

Studi menunjukkan, wanita yang kelebihan berat badan juga dapat memiliki masalah menyusui. Selain itu, menurunkan berat badan setelah melahirkan bisa dikatakan cukup sulit.

Berikut adalah langkah untuk menjaga berat badan agar tidak bertambah secara berlebihan saat hamil:
1. Atur pola makan yang seimbang
Sangat penting untuk mengatur pola makan sepanjang hari untuk menjaga gula darah dan energi Anda tetap stabil. Johnson merekomendasikan makan setiap 2-4 jam, tergantung pada seberapa lapar Anda. Tidak masalah untuk mengikuti rasa 'ngidam', tetapi cobalah untuk fokus pada banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan susu rendah lemak.

2. Konsumsi cukup vitamin
Untuk memastikan Anda mendapatkan jumlah nutrisi yang tepat, konsumsi vitamin prenatal dengan 1 miligram asam folat, zat besi, dan asam docosahexaenoic (DHA). Sebuah kondisi hamil yang baik juga harus memiliki 1.200 mg kalsium dan 600-1.000 mg vitamin D.

3. Pelajari pedomannya dengan baik
Jika sebelumnya Anda sudah kelebihan berat badan, maka penurunan berat badan tidak harus menjadi tujuan utama selama kehamilan. Sebaliknya, ikuti pedoman kenaikan berat badan kehamilan, yang didasarkan pada body mass index (BMI) atau indeks massa tubuh.

4. Jangan melihat timbangan
Apakah jumlah pada skala tetap naik setiap minggu meskipun Anda sudah berupaya keras? Jangan khawatir, berat badan Anda tidak masalah jika Anda membuat pilihan pola hidup yang sehat, seperti memperhatikan porsi makan dan berolahraga.

5. Jangan ragu untuk konsultasi dengan ahli kandungan
Jika Anda merasa khawatir tentang berat badan atau diet selama kehamilan, sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter atau ahli diet sebelum hamil. Sebab  kehamilan bukanlah waktu untuk memulai program latihan.
Namun jika Anda sudah dalam kondisi hamil, ada baiknya Anda juga melakukan konsultasi dengan dokter kandungan Anda.
loading...
Judul: Cara Menjaga Berat Badan Ketika Hamil; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

1 komentar:

  1. Mempunyai dan memiliki tubuh yang sehat tentu harus dipunyai, agar setiap aktivitas lancar. Tapi masalahnya terkadang malas menjaga tubuh dan ga ada waktu untuk olahraga. Nah, sebenarnya kembali ke diri masing-masing, harus punya motivasi dulu gimana caranya agar bisa punya tubuh yang sehat. Pasti kedepannya lebih semangat untuk menjaga tubuh.. :)

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

 
Toggle Footer