Info Terbaru
Loading...
15 April 2013

Manfaat Daun Zaitun

Senin, April 15, 2013

Manfaat Daun ZaitunManfaat Daun Zaitun - Akhir-akhir ini, barangkali Anda sudah mengetahui beberapa manfaat dari minyak zaitun yang diekstrak dari buahnya. Tetapi nyatanya ada sisi lain dari tanaman zaitun atau Olea europaea yang memiliki banyak manfaat, terlebih untuk kesehatan. Sisi lain itu tidak lain adalah daunnya.

Pada pengobatan tradisional di Maroko, daun zaitun dipakai untuk memelihara kadar gula darah serta diabetes. Namun sekarang ini, daun zaitun makin dikenal serta banyak digunakan, terutama setelah ada beberapa penelitian ilmiah yang mendukung manfaatnya.


Di antara kadungan utama didalam daun zaitun adalah senyawa yang bernama oleuropein, yang telah diteliti sejak awal tahun 1900-an. Oleuropein tergolong dalam golongan iridoid yang mempunyai kegiatan antibakteri, antiviral, serta antifungal, dan bermanfaat untuk melawan bermacam jenis infeksi internal.Oleuropein juga bisa menambah produksi thermogenin didalam tubuh, yakni senyawa yang bisa membakar lemak dengan efektif.

Dalam penelitian terbaru, oleuropein bisa bermanfaat untuk turunkan tekanan darah. Studi di Milan membuktikan bahwa senyawa ini aalah antioksidan yang poten, yakni bisa membatasi oksidasi lipid dalam darah, dan menurunkan dampak penyakit kardiovaskuler.

Faktanya, kegiatan antioksidan pada daun zaitun lebih tinggi ketimbang di teh hijau. Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa senyawa antioksidan yang didapat dari tanaman bisa bermanfaat bagi kesehatan, serta menunjang untuk menurunkan risiko bemacam-macam penyakit kronik.


Daun zaitun adalah sumber senyawa antikanker yang baik yakni apigenin serta luteolin, dan sumber senyawa anti-malarial cinchonine. Daun zaitun juga bisa bertindak sebagai anti-inflamasi. Penelitian pada binatang membuktikan bahwa ekstrak daun zaitun bisa mengindari rusaknya saraf, hingga baik untuk mencegah stroke.
loading...
Judul: Manfaat Daun Zaitun; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

loading...
 
Toggle Footer