Info Terbaru
Loading...
30 Juni 2014

4 Cara Mudah Mencegah Menopause Dini

Senin, Juni 30, 2014
loading...
4 Cara Mudah Mencegah Menopause Dini
Cara Mencegah Menopause Dini - Tak hanya berpengaruh pada kehidupan seksual, menopause juga membawa perubahan hormonal yang menyusutkan kecantikan kulit. Efek kedua ini yang mungkin lebih ditakuti banyak wanita. Produksi kolagen menurun sehingga kulit mengendur.

Selama menopause, kadar hormon estrogen dan progesteron wanita menurun dengan cepat, menyebabkan percepatan proses penuaan kulit.

Biasanya fase menopause ini dialami wanita yang memasuki usia 50-an. Namun, tidak menutup kemungkinan menopause datang lebih awal. Yakni usia 30-an atau 40-an. Gejalanya: keringat berlebihan, insomnia, perubahan suasana hati, dan munculnya rasa panas (hot flashes) di bagian wajah dan leher.

Untuk mencegah menopause dini Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut ini:


Jauhkan Rokok
Selain memunculkan masalah kesehatan seperti jantung, osteoporosis, dan kanker, kandungan nikotin pada rokok juga bisa mematikan sel telur. Kondisi ini memicu menopause dini.

Diet Sehat
Memasuki masa menopause, tubuh akan lebih mudah menimbun lemak. Untuk itu filter makanan perlu ditingkatkan. Mulailah membatasi asupan gula, tepung, makanan pedas, kafein, dan garam. Sebaliknya, perbanyak konsumsi serat gandum, sayuran hijau, dan makanan kaya omeg-3. Pastikan Anda juga mendapatkan pasokan kalsium untuk menghindari lemak jenuh.

Kelola Stres
Stres menjadi salah satu pemicu menopause dini. Untuk menghindari hal tersebut, kelola stres dengan baik. Lakukan yoga, meditasi, atau latihan pernafasa, dan pastikan Anda mendapatkan istirahat cukup.

Hindari Alkohol

Mengonsumsi alkohol akan memangkas kalsium tubuh. Untuk itu, menghindari alkohol adalah cara terbaik mencegah menopause dini. Selain itu, alkohol juga mampu mengurangi gejala kecemasan dan insomnia. 
loading...
Judul: 4 Cara Mudah Mencegah Menopause Dini; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

 
Toggle Footer