Info Terbaru
Loading...
27 Juni 2014

10 Penyebab Migrain yang Wajib Diketahui

Jumat, Juni 27, 2014
loading...
10 Penyebab Migrain yang Wajib Diketahui
Penyebab Migrain - Sakit kepala sebelah atau migrain yang parah memang sangat mengganggu. Meskipun ada banyak orang yang mengalami sakit kepala ini, namun bukan berarti penyebabnya sama.

Beberapa pemicu migrain yang umum adalah alkohol, suara keras, daging olahan dan paparan sinar matahari. Tapi ada juga beberapa pemicu migrain yang tak diduga:


1. Stres
Masalah emosional yang kompleks memicu stres dan pada akhirnya memicu migrain. Sebab pada saat stres, sel-sel tertentu di otak akan bereaksi secara hiperaktif untuk melawan kondisi tersebut. Nah, hal ini mempengaruhi sistem pembuluh darah di otak yang dapat menyebabkan migraine.

Stres dan depresi terkadang juga menimbulkan perasan was-was, khawatir, dan lainnya yang juga dapat memicu migrain atau memperparah serangan migrain.

2. Makanan yang Tak Disimpan dengan Benar
Kadang seseorang tidak menghabisakan roti atau keripik yang sedang dimakannya karena alasan kenyang. Karena sayang membuangnya, makanan ini kerap dimakan lagi di lain waktu. Tapi hati-hati dengan sisa makanan ini. Penyimpanan yang tidak benar atau terlalu lama ditinggalkan bisa memicu migrain.

Jika Anda punya sisa makanan dan berniat menghabiskannya di lain waktu, maka sebaiknya Anda menyimpannya di lemari es atau dalam wadah kedap udara.

3. Lingkungan
Lingkungan atau kondisi di sekitar Anda bisa menjadi pemicu migrain. Beberapa orang mengalami migrain ketika mencium parfum yang menyengat. Bau menyengat ini tentu saja tidak dapat dihindari ketika Anda berada di tempat umum. Bahkan beberapa orang mengalami serangan migrain ketika ada lampu berkedip-kedip di dekatnya.

4. Kelebihan Kafein
Kelebihan konsumsi kafein bisa memicu migrain. Namun jika Anda tiba-tiba menghentikan konsumsi kafein juga akan menimbulkan migrain yang lebih intens. Hal ini terjadi karena pembuluh darah menjadi peka terhadap kafein, sehingga penurunan mendadak dalam konsumsi kafein akan menyebabkan tubuh mengalami gejala putus zat, termasuk migrain.

5. Melewatkan Waktu Makan
Jangan melewatkan waktu makan Anda, karena hal ini bisa memicu migrain. Hal ini terjadi karena tubuh Anda akan kehabisan tenaga sebagai hasil dari kurangnya nutrisi. Lelah yang berlebihan ini menimbulkan migrain.

6. Menstruasi
Terkadang migrain dialami seorang perempuan saat sebelum atau selama periode menstruasinya. Seorang perempuan lebih sering mengalami migrain bersama dengan kram menstruasi.

Migrain biasanya terjadi karena penurunan kadar estrogen. Hal ini dapat dihindari dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang dan olahraga secara teratur.

7. Cokelat
Cokelat atau makanan lain yang mengandung kakao adalah pemicu utama migrain. Hal ini disebabkan phenylethylamine yang terkandung dalam kakao dapat menyebabkan ekspansi dan kontraksi pembuluh darah.

8. Kurang Tidur
Waktu tidur yang normal adalah 8 jam, jika waktu tidur Anda kurang dari itu maka keesokan harinya bisa jadi Anda terserang migrain. Jadi hentikan kegiatan-kegiatan Anda di malam hari agar bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup.

9. Pemanis Buatan
Pemicu lain migrain adalah pemanis buatan. Jadi berhati-hatilah bila Anda menggunakan pemanis buatan, apalagi aspartame selama ini dikenal sebagai pemicu migrain. Jadi sebaiknya hindari minuman diet, makanan rendah kalori dan permen bebas gula.

10. Ikan

Ikan yang sudah lama, termasuk ikan kaleng atau yang diasinkan bisa memicu sakit kepala. Hal ini karena ikan tersebut biasanya mengandung pengawet dengan nitrat. 
loading...
Judul: 10 Penyebab Migrain yang Wajib Diketahui; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

 
Toggle Footer