Info Terbaru
Loading...
27 Mei 2014

20 Makanan Pencegah Penuaan Dini

Selasa, Mei 27, 2014
loading...
20 Makanan Pencegah Penuaan Dini
Makanan Pencegah Penuaan Dini - Penuaan terkadang menjadi sesuatu yang menakutkan bagi kaum perempuan, padahal ini adalah yang pasti akan dialami oleh setiap wanita. Mereka hanya bisa berharap penuaan itu datangnya tak buru-buru.

Istilah penuaan berkaitan dengan degenerasi tubuh akibat kerusakan yang terjadi pada makromolekul, sel, jaringan dan organ.

Jika makanan disebut memiliki sifat anti penuaan, bisa jadi makanan ini memiliki satu atau lebih dari mekanisme anti penuaan yaitu:

a) Secara berkala mengganti jaringan yang rusak dengan yang sehat.
b) Membawa perbaikan molekul merosot sel dan jaringan.
c) Mengadung anti-oksidasi penurunan tingkat produksi radikal bebas dan kerusakan setelah DNA sel.

Lalu makanan-makanan apa saya yang bisa memperlambat penuaan itu? Ini dia daftar 20 makanan yang bisa memperlambat penuaan.


Susu dan produk olahan susu
Kaya akan protein yang mencegah kerutan dan kulit kendur.

Biji-bijian
Sereal utuh seperti gandum mengandung serat yang tinggi, menjadi sumber vitamin B-kompleks yang memastikan fungsi metabolisme yang sehat dan mencegah kelainan DNA.

Kecambah
Mencegah stroke, penebalan dinding arteri, kanker dan menjaga sistem pencernaan yang sehat.

Buncis dan kacang-kacangan
Kaya akan protein dan rendah lemak yang mengandung antosianin dan isoflavon zat untuk anti penuaan.

Sayuran berdaun
Kaya akan vitamin K dan asam folat yang ditemukan membantu memperbaiki kerusakan DNA dan menjaga sel-sel tetap sehat dan optimal.

Sayuran seperti kubis, kembang kol, dan brokoli
Menjaga mencegah kelelahan, kelemahan otot, gagal jantung dan gangguan neurologis. Kandungan quercetin melawan peradangan yang merupakan salah satu penyebab penuaan.

Sayuran putih dan buah-buahan
Seperti bawang, lobak putih dan buah-buahan seperti apel dan pisang. Mengandung antioksidan yang kuat untuk menghancurkan zat kanker dalam tubuh. Bawang untuk kekebalan khususnya di usia lanjut.

Sayuran berdaun hijau
Mengandung karotenoid dan selenium untuk meningkatkan energi, kekuatan otot dan fungsi neurologis yang berkaitan dengan kepikunan.

Sayuran ungu dan pink dan buah-buahan
Seperti terung, lobak merah muda, ubi jalar, anggur ungu, Ini mengandung flavanols, antioksidan yang melindungi kulit dari paparan sinar UV dan menjaga warna kulit serta elastisitas produksi kolagen.

Sayuran dan buah-buahan kuning dan orange
Seperti wortel, ubi jalar, labu, jagung manis, pepaya, persik , mangga dan melon memberikan banyak betakaroten, vitamin A dan vitamin C. Selain itu juga mengandung zeaxanthin, flavonoid,likopen sebagai antioksidan untuk mencegah penuaan dini.

Sayuran merah dan buah-buahan
Seperti tomat, jeruk, semangka, buah delima. Mengandung lycopene yang merupakan senjata ampuh untuk melawan radikal bebas. Melindungi dari paparan sinar matahari yang bisa mempercepat penuaan.

Sifat antioksidan pada buah delima untuk regenerasi sel kulit sehingga mencegah keriput, kulit kendur.

Sayuran berwarna coklat
Seperti kentang dengan kulitnya, jamur, kismis, aprikot. Ini adalam makanan pencegah penuaan dini yang mengandung senyawa fenolik yang menangkal bakteri, virus dan patogen mikroorganisme sehingga meningkatkan kekebalan yang membantu menunda kerusakan sel-sel yang memicu penuaan itu sendiri.

Beries, blueberry, ceri, cranberry, rasberry, stroberri.
Membantu mempertahankan energi sel dan menjaga kulit sehat dan lentur

Jeruk
Sifat anti-inflamasi pada jeruk, limau manis, lemon memberi peran penting untuk bermain melawan penyakit degeneratif seiring pertumbuhan usia seperti jantung, arthritis.

Bawang putih
Sarat dengan antioksidan dan sifat anti-inflamasi untuk mengurangi gejala terkait penuaan, kesehatan jantung, bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan menyediakan perlindungan terhadap virus dan bakteri.

Kacang-kacangan
Tinggi lemak dan sumber energi juga omega-3, pitosterol yang melindungi terhadap demensia, gangguan mata degeneratif dan peradangan terkait penuaan.

Jahe
Faktor lingkungan seperti polusi, radiasi dan merokok melepaskan radikal bebas ke udara, menyebabkan kerusakan kulit dan penampilan penuaan dipercepat. Jahe dapat memperlambat proses penuaan dengan menghilangkan racun radikal bebas dari tubuh, merangsang sirkulasi dan meningkatkan kulit.

Kunyit
Faktor anti-penuaan yaitu rempah-rempah. Mengandung anti-inflamasi dan anti-oksidan sehingga digunakan secara tradisional untuk kulit bersinar sehat. Serta menghancurkan pro-karsinogen, sehingga melindungi terhadap kanker.

Air
Air sangat penting untuk menjaga saluran pencernaan dan kulit sehat. Air memainkan peran penting dalam pembongkaran racun yang membahayakan tubuh.

Minimal sekitar 2 liter harus dikonsumsi setiap hari.

Teh hijau
Kolagen dan elastin adalah dua serat struktural penting di kulit Anda yang membutuhkan perlindungan untuk memperlambat proses penuaan.


Ini diberikan oleh teh hijau karena berperan sebagai anti-kolagenase dan sifat anti-elastase yang mencegah kerusakan serat ini.
loading...
Judul: 20 Makanan Pencegah Penuaan Dini; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

 
Toggle Footer