Info Terbaru
Loading...
19 April 2014

Inilah Penyebab Utama Tekanan Darah Tinggi

Sabtu, April 19, 2014
loading...
Inilah Penyebab Utama Tekanan Darah Tinggi
Penyebab Hipertensi - Masalah jantung sampai saat ini jadi momok menakutkan karena bisa menyebabkan kematian secara tiba-tiba. Pasti Anda penasaran, mengapa gangguan jantung ini bisa terjadi. Salah satu penyebab utamanya adalah kondisi abnormal pada aliran darah, berupa tekanan tinggi pada arteri.

Dokter Sharukh Golwala, kardiolog dari Breach Hospital, mengungkap ada faktor-faktor utama mengapa seseorang bisa mengalami tekanan darah tinggi. Ketahui apa saja faktor tersebut agar Anda bisa mewaspadainya.


1. Gender
Hati-hati para pria, karena menurut dr. Golwala pria lebih berisiko mengalami darah tinggi dibanding wanita. Tapi ini tak lantas membuat wanita aman dari masalah tekanan darah. Perhatikan gaya hidup Anda.

2. Usia
Makin tua usia, maka makin tinggi risiko seseorang mengalami tekanan darah tinggi. Risiko ini, seperti dikutip dari Health Me Up, karena makin tua arteri kian mengeras sehingga mempengaruhi tekanan darah.

3. Sensitivitas tinggi pada garam
Beberapa orang sensitif terhadap garam atau sodium yang membuat tekanan darah bisa meningkat. Jika Anda sensitif terhadap garam, maka satu-satunya cara untuk tetap aman adalah dengan mengurangi asupannya. Perhatikan kandungan garam pada tiap makanan yang dikonsumsi, usahakan untuk selalu membaca label. Kurangi juga konsumsi makanan siap saji karena kandungan garamnya sangat tinggi.

4. Berat badan berlebih
Berat badan berlebih atau obesitas bisa jadi penyebab tingginya tekanan darah, tapi ini sangat tergantung kondisi individu. Seseorang yang memiliki banyak lemak di area perut, pinggul dan paha juga berisiko tinggi mengalami tekanan darah tinggi.  Untuk itu selalu jaga berat badan Anda.

5. Stres

Tekanan terus menerus baik karena pekerjaan atau masalah pribadi akan berdampak buruk pada tekanan darah Anda. Jika merasa stres, jenuh atau lelah pikiran, segera cari cara untuk mengatasinya. Anda bisa cuti untuk berlibur atau sekedar relaksasi di salon. Jangan sampai stres menguasai Anda.
loading...
Judul: Inilah Penyebab Utama Tekanan Darah Tinggi; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

 
Toggle Footer