Info Terbaru
Loading...
28 April 2013

Tips Cara Sehat Minum Kopi

Minggu, April 28, 2013

Tips Cara Sehat Minum KopiTips Cara Sehat Minum Kopi – seperti yang telah kita ketahui bahwa mengkonsumsi kopi juga mengandung beberapa risiko, maka berikut ini adalah beberapa tips dan cara mengkonsumsi kopi secara sehat. Bicara mengenai kopi, tentu saja tidak dapat terlepas dengan budaya masyarakat Indonesia yang memang telah terbiasa mengkonsumsi kopi sejak zaman dulu. Kopi kini juga telah jadi gaya hidup masyarakat perkotaan.

Kebiasaan minum kopi ini memang bukan tanpa risiko. Kandungan kafeinnya diketahui bisa memicu masalah kesehatan. Tapi manfaat kopi juga tak kalah banyak.


"Kopi sebenarnya memiliki begitu banyak manfaat, namun masyarakat berpendapat kopi justru berbahaya bagi kesehatan. Padahal itu karena cara mengkonsumsinya yang salah," kata Heri Setiadi, seorang ahli kopi
Bagi Anda para penggila kopi yang biasanya mengkonsumsi minuman hitam ini, ketahui cara sehat minum kopi berikut ini.

- Konsumsi kopi tanpa gula dan susu
Kopi sendiri sebenarnya memiliki sederet manfaat kesehatan bagi tubuh. Justru penambahan gula dan susu yang berlebihan yang berbahaya bagi tubuh. Kopi sebenarnya telah memiliki cita rasa manis di dalamnya tanpa harus ditambahkan gula.

Anda dapat memilih cita rasa alami kopi sesuai selera, karena kopi Indonesia memiliki karakteristik rasa yang berbeda-beda. Kopi Aceh Gayo misalnya, memiliki rasa yang agak pedas seperti rempah-rempah, sedangkan kopi Toraja dan Bali Kintamani yang fruity. Kemudian ada pula kopi Papua yang memiliki cita rasa cokelat. Jika menginginkan kopi dengan cita rasa manis alami, Anda dapat memilih kopi Jawa.

- Makan terlebih dahulu
Setiap kopi memiliki tingkat keasaman yang berbeda. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan terlebih dahulu sebelum minum kopi. Minum kopi di pagi hari saat perut kosong dapat menyebabkan perut kembung yang jika berlebihan dapat membuat Anda merasa mual.

- Batasi konsumsi
Batas aman konsumsi kafein setiap harinya yaitu tidak lebih dari 600 ml atau setara dengan 4 cangkir kopi hitam arabica (180ml). Jika Anda biasa mengkonsumsi kopi robusta yang memiliki kadar kafein yang dua kali lebih tinggi dari arabica, maka cukup mengkonsumsi 2 cangkir kopi robusta (180 ml) setiap harinya.

-Tetap berolahraga
Olahraga adalah faktor utama dalam menjaga kesehatan tubuh. Salah satu trik agar Anda dapat tetap mengkonsumsi kopi favorit setiap harinya dan tetap sehat adalah dengan rutin berolahraga

- Kenali kondisi tubuh
Penting bagi Anda untuk mengetahui batasan konsumsi kopi setiap harinya. Hal ini karena setiap orang memiliki resistensi yang berbeda terhadap kafein yang terkandung di dalam kopi.
loading...
Judul: Tips Cara Sehat Minum Kopi; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

1 komentar:

  1. Gan, ane bermasalah nie kalau minum kopi.
    Jantung ane suka berdebar - debar kalau habis minum kopi.
    Ntu kenapa ya?

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

 
Toggle Footer