Info Terbaru
Loading...
17 April 2014

8 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Olahraga

Kamis, April 17, 2014
loading...
8 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Olahraga
Jenis Makanan yang Dilarang Dikonsumsi Usai Olahraga - Setelah capek berolahraga di pagi hari, Anda tentu ingin mengonsumsi makanan yang dapat menambah atau menggantikan energi yang hilang. Tapi Anda harus pintar-pintar memilih makanan yang tepat dikonsumsi sehabis olahraga. Pasalnya makanan yang Anda makan setelah berolahraga itu jauh lebih krusial ketimbang makanan yang Anda makan di waktu lain.

Menurut para pakar, makanan pasca olahraga yang pas adalah kombinasi dari karbohidrat kompleks, air dan sejumlah protein. Untuk itu simak paparan tentang 8 jenis makanan yang dilarang keras dikonsumsi sehabis berolahraga berikut ini


1. Daging olahan
Makan sandwich selepas menjalani satu sesi aerobik mungkin terdengar menyehatkan tapi sebenarnya daging olahan yang menjadi salah satu komposisi sandwich mengandung garam dan lemak berkadar tinggi. Ketika sudah masuk ke perut, daging olahan pun akan memperlambat kinerja sistem pencernaan seseorang yang memakannya setelah olahraga. Begitu juga dengan daging asap, bacon dan sosis.

Lebih baik beralihlah ke sandwich yang diisi daging ayam.

2. Keju
Keju olahan dan berlemak tinggi bukanlah makanan yang dapat Anda konsumsi setelah melakukan olahraga lari. Alasannya, keju mengandung lemak jenuh yang kadarnya sangat tinggi, begitu juga dengan garam. Tapi jika Anda ingin makan cemilan asin, pilih saja kripik dari kedelai yang diberi rasa keju.

3. Roti
Pati yang terdapat di dalam roti dapat berubah menjadi gula dengan cepat ketika dicerna dan itu bukanlah hal yang dibutuhkan tubuh setelah berolahraga. Kalaupun Anda menginginkannya, lebih baik gantilah dengan roti gandum utuh dengan porsi kecil. Hindari juga white bread (roti yang terbuat dari tepung terigu yang sudah diolah sedemikian rupa hingga tepungnya berwarna putih).

4. Sereal
Hati-hati, yang ini paling sering dikatakan makanan sehat padahal sebenarnya beberapa jenis sereal bisa saja sarat akan gula, terutama refined cereal. Yang bisa Anda konsumsi adalah setengah cangkir granola rendah gula dengan buah dan kacang, tanpa gula tambahan. Anda juga bisa menambahkan susu tanpa lemak atau skim di atasnya.

5. Telur goreng
Telur dikatakan sebagai salah satu cemilan sehat pasca olahraga karena mengandung protein dan kolin yang baik bagi jantung. Tapi hindari mengolahnya dengan cara digoreng, dengan begitu telur tersebut akan dimasak di dalam lemak. Lebih baik direbus saja.

6. Minuman buah
Minuman buah dalam kemasan sarat akan gula yang tentu saja akan meningkatkan kadar gula darah seseorang dengan cepat. Jika Anda ingin minuman lain selain air putih setelah berolahraga, pilihlah es teh herbal atau air kelapa yang alami dan menyehatkan.

7. Sayuran mentah
Sayuran mentah memang masih dipenuhi dengan nutrisi-nutrisi penting tapi mereka tak mempunyai kemampuan untuk membuat Anda tetap berenergi setelah berolahraga. Anda butuh bahan makanan yang lebih substansial jika ingin otot-otot Anda pulih dari keausan dan membantu proses metabolisme Anda.

Para ahli gizi menyarankan agar Anda menambahkan makanan berprotein tinggi pada sayuran yang Anda makan setelah berolahraga seperti saus yoghurt.

8. Milkshake

Milkshake tampak menyehatkan tapi tidak jika Anda memblendernya dengan buah karena itu membuatnya jadi sarat akan gula. Gantikan saja dengan almond, susu biasa atau teh hijau saja.
loading...
Judul: 8 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Olahraga; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

 
Toggle Footer