Info Terbaru
Loading...
23 Juni 2013

Cara Mengatasi Anak Rewel Ketika Ditinggal Orang Tua

Minggu, Juni 23, 2013
Cara Mengatasi Anak Rewel Ketika Ditinggal Orang TuaCara Mengatasi Anak Rewel Ketika Ditinggal Orang Tua - Anak rewel saat akan ditinggal pergi orang tuanya adalah pemandangan yang kerap ditemui. Hal ini dikarenakan anak tidak mau berpisah dengan orang tuanya meski sesaat. Saat hal ini terjadi, bagaimana mengatasinya?

Tak perlu cemas, yang harus dilakukan adalah menenangkan mereka. Nah, seperti dikutip dari Boldsky, ini dia beberapa langkah yang dapat diaplikasikan saat kecemasan menghinggapi balita Anda:


1. Lambaikan Tangan
Ketika sedang bersama anak dan Anda harus pergi, jangan tinggalkan mereka begitu saja. Akan lebih baik jika Anda melambaikan tangan ketika Anda akan meninggalkan rumah. Hal ini dapat membuat mereka menangis beberapa saat, namun secara bertahap mereka akan memahaminya sebagai rutinitas yang normal.

2. Mengatur Perubahan Secara Bertahap
Sebelum meninggalkan anak di rumah, aturlah situasinya. Jangan tinggalkan mereka secara tiba-tiba. Biarkan mereka tahu mengenai perpisahan secara bertahap, perlahan tapi pasti. Ini akan membantu mengatasi kecemasan anak saat berpisah dengan orang tua.

3. Siapkan Terlebih Dulu
Jika Anda berencana untuk meninggalkan anak di rumah dengan pengasuh, lebih baik biasakan mereka untuk mengenal dahulu siapa yang akan menjaganya. Dengan memperkenalkannya terlebih dahulu akan mengurangi rasa cemas anak ketika harus ditinggal bersama pengasuhnya.

4. Buat Anak Sibuk
Karena penyimpanan memori pada balita bersifat sementara, mereka akan segera lupa pada ketidakhadiran Anda jika konsentrasi mereka dialihkan. Anda dapat mencoba beberapa permainan kreatif dan ini akan membantu anak Anda mengatasi kecemasannya saat berpisah dengan Anda.

5. Tahan Perasaan Anda
Sangat wajar jika Anda tidak tega melihatnya menangis saat berpisah dengan Anda, tetapi ini tidak akan menolong. Alih-alih membantu anak mengatasi kecemasannya, justru hal ini dapat membuatnya menjadi buruk.

6. Bermain Petak Umpet
Ajaklah anak bermain petak umpet, hal ini akan melibatkan drama di dalamnya. Pastikan padanya Anda sedang bersembunyi untuk beberapa waktu, maksudnya adalah agar Anda bisa pergi dalam beberapa jam. Ini akan membantu anak memahami bahwa Anda akan kembali pada mereka dalam beberapa waktu.

7. Pastikan Kenyamanan Anak

Memastikan anak nyaman dan merasa terlindungi walau Anda tak bersamanya adalah hal penting. Tonjolkanlah sisi menyenangkan, bukan ketakutan sehingga anak dapat mengatasi kecemasannya.
loading...
Judul: Cara Mengatasi Anak Rewel Ketika Ditinggal Orang Tua; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

loading...
 
Toggle Footer