Info Terbaru
Loading...
17 April 2013

Oral Seks bisa Sebabkan Kanker Paru-Paru

Rabu, April 17, 2013

Oral Seks bisa Sebabkan Kanker Paru-Paru
Oral Seks bisa Sebabkan Kanker Paru-Paru - Human Papilloma Virus (HPV) merupakan jenis virus yang dapat memicu munculnya kanker serviks atau leher rahim. Belakangan peneliti menemukan adanya HPV pada pasien kanker paru-paru. Bingung bagaimana bisa virus tersebut mampir ke paru-paru, ada dugaan sebabnya karena oral seks.

Sebuah tim peneliti dari Fox Chase Cancer Center baru-baru ini melihat sampel jaringan dari pasien kanker paru-paru yang tidak pernah merokok. Hasil pemeriksaan menemukan bahwa sebanyak 6 persen kasus kanker pada pasien non perokok tersebut disebabkan oleh infeksi HPV.



Sebanyak 4 dari 36 sampel paru-paru yang diperiksa memiliki tanda-tanda infeksi 2 jenis HPV penyebab kanker. Dr Ranee Mehra, MD dari Fox Chase dan timnya melihat tanda-tanda virus yang telah mempengaruhi DNA kanker. Hasilnya menemukan bahwa pemicu utama kanker tersebut adalah infeksi HPV.

Sayangnya, seperti dikutip dari Medical Daily peneliti tidak mengetahui dengan pasti bagaimana HPV bisa mencapai paru-paru. Namun penelitian sebelumnya menemukan bahwa virus HPV yang menginfeksi mulut dan tenggorokan kemudian memicu kanker berasal dari oral seks.

Dugaan ini didasari oleh data yang menunjukkan bahwa 90 persen kasus kanker mulut paling banyak ditemukan di dasar lidah dan 70 persen ditemukan di pangkal tenggorokan. Kanker di kedua lokasi ini selalu dikaitkan dengan infeksi HPV yang awalnya lebih banyak berdiam di organ kelamin.

Dalam pertemuan tahunan American Association for Cancer Research Meeting, dr Mehra menerangkan bahwa HPV merupakan penyebab utama kanker serviks. Jumlah kasus kanker ini mengalami kenaikan setiap tahun. Untungnya sebuah vaksin sudah dikembangkan untuk mencegah infeksi virus agar tidak berkembang menjadi kanker.

Penelitian ini belum menemukan keterkaitan langsung antara kanker paru-paru dengan oral seks, apalagi kanker yang disebabkan oral seks yang baru diketahui peneliti masih sebatas kanker mulut dan kanker tenggorokan. Penelitian selanjutnya masih diperlukan untuk mencari tahu bagaimana HPV bisa menginfeksi paru-paru.
loading...
Judul: Oral Seks bisa Sebabkan Kanker Paru-Paru; Ditulis oleh Kunci Hidup Sehat; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang berkomentar di luar topik artikel (SPAM)
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

-KOMENTAR YANG MELANGGAR POIN-POIN DI ATAS TIDAK AKAN KAMI TAMPILKAN-

loading...
 
Toggle Footer